Dark/Light Mode

Apresiasi Kinerja BP2MI

Jokowi: Negara Hadir Untuk PMI

Selasa, 18 Oktober 2022 07:10 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kedua kiri) bersama  Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani  (ketiga kiri) menyambut kedatangan Presiden Jokowi (kanan) saat menghadiri acara pelepasan 597 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Korea Selatan di Ballroom eL Royale Hotel, Kelapa Gading, Jakarta, Senin (17/10). (Foto: Ist)
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kedua kiri) bersama Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani (ketiga kiri) menyambut kedatangan Presiden Jokowi (kanan) saat menghadiri acara pelepasan 597 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Korea Selatan di Ballroom eL Royale Hotel, Kelapa Gading, Jakarta, Senin (17/10). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Jokowi juga mengaku sudah perintahkan Kapolri untuk menindak pemberangkatan PMI ilegal. “Sumbangan devisa dari PMI itu tidak kecil, mencapai Rp 159 triliun per tahun. Jumlahnya besar," ungkapnya.

Pada momen ini, Benny Rhamdani melaporkan selama dua tahun kepemimpinannya,  BP2MI memfasilitasi kepulangan 79.827 PMI yang dideportasi dari banyak negara. Selain itu, menangani 3.053 PMI sakit, dan 1.454 jenazah. Kebanyakan mereka berangkat secara tidak resmi.

“Untuk 597 PMI yang akan diberangkatkan dalam tiga hari ini, mereka adalah anak-anak bangsa yang dipersiapkan sungguh-sungguh oleh negara. Mereka  memiliki sertifikasi keterampilan dan kemampuan bahasa. Merekalah wajah bangsa Indonesia," jelas Benny.

Baca juga : Komunitas Ekraf Apresiasi Perhatian Presiden Jokowi Kembangkan Ekonomi Kreatif Tanah Air

Meski telah banyak membuat terobosan, Benny menegaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan layanan terhadap PMI. Dibeberkannya, saat ini BP2MI sedang memproses skema untuk Program Rumah Murah bagi PMI bekerja sama dengan Kementerian PUPR. Selain itu, BP2MI sedang menjajaki kerja sama dengan Ditjen Bea Cukai terkait rencana pembebasan bea masuk barang milik PMI dari luar negeri. “Itu semua demi penghormatan kepada PMI, pahlawan devisa negara,” tegasnya.

Benny menyatakan optimistis target keberangkatan PMI per tahun sebesar 150.000 bisa tercapai. Bahkan lebih. Sejak Januari 2022 hingga minggu pertama Oktober, penempatan PMI ke lebih dari 70 negara tercatat telah mencapai 126.580 penempatan.

Untuk diketahui, Benny menahkodai BP2MI sejak April 2020. Selama dua tahun, Benny telah membuat banyak perubahan. Antara lain, membangun command center sebagai single big data PMl, pembangunan  lounge dan fastrack khusus PMI di enam bandara, pemberian credensial letter, fasilitas pinjaman dengan skema Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Usaha Rakyat PMI. KTA  dan KUR berhasil memotong mata rantai praktek ijon rente yang selama ini dianggap menghisap darah PMI.

Baca juga : Diresmikan Jokowi, Terminal Baru Bandara Halim Usung Kearifan Lokal

“Berbagai kebijakan dan perubahan yang dilakukan Pemerintah bukti negara benar-benar hadir dalam memberikan perlakuan hormat dan memuliakan Pekerja Migran Indonesia,” tandas Benny.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (ASPATAKI) Syaiful Mashud mengakui lompatan besar kinerja BP2MI selama dua tahun terakhir. Menurutnya, transformasi kinerja BP2MI sangat cepat.

“Gerak cepat dalam menangani masalah di lapangan semakin terasa cepat. Komitmen memuliakan dan memberikan perlakukan hormat kepada PMI juga sangat menonjol, selain bersikap tegas dan tanpa kompromi terhadap penempatan PMI ilegal,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.