Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick Bantu Mempertemukan

Bos FIFA Dan Jokowi Sepakat Benahi Sepak Bola Indonesia

Rabu, 19 Oktober 2022 07:14 WIB
Jokowi menerima jersey sepak bola FIFA bernomor punggung 1 dari Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: Twitter Jokowi)
Jokowi menerima jersey sepak bola FIFA bernomor punggung 1 dari Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: Twitter Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Diantar Menteri BUMN Erick Thohir, Bos Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin. Gianni dan Jokowi sepakat melakukan pembenahan total sepak bola nasional usai tragedi Kanjuruhan. Saking seriusnya, Gianni memenuhi janjinya untuk langsung berkantor di sini. Top, dah!

Gianni mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Harta, sekitar pukul 10.30 WIB, kemarin. Ia terbang menggunakan pesawat pribadi dengan kode penerbangan PV 0077.

Gianni dijemput langsung oleh sohibnya, Erick Thohir. Erick menunggu kedatangan Gianni di VVIP Terminal III. Gianni dan Erick ini memang sahabatan, juga sama-sama Internisti, fans Inter Milan. Klub bola di Italia yang pernah dibeli Erick.

Baca juga : Ketua Komisi X : Langkah Strategis Perbaikan Sepak Bola Indonesia

Erick ditemani Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Sigit Dany. Tak terlihat ada petinggi PSSI di sana.

Asal tahu saja, kunjungan Bos FIFA ke Indonesia ini adalah yang pertama, setidaknya dalam 15 tahun terakhir. Erick adalah orang membantu mempertemukan Presiden Jokowi dengan bos FIFA itu. 

Erick juga lah yang berusaha keras melobi Gianni agar FIFA tidak menjatuhkan sanksi untuk Indonesia, buntut Tragedi Kanjuruhan. Di saat dunia sepak bola berkabung, usai meninggalnya 132 orang dalam peristiwa itu, Erick bela-belain ke Doha, Qatar, pada 5 Oktober 2022 lalu, menemui Gianni. Erick disambut Gianni dengan mata berkaca-kaca. 

Baca juga : Erick: Saya Cuma Mempertemukan Presiden Jokowi Dan FIFA

Usaha Erick agar Indonesia tak disanksi FIFA membuahkan hasil, tapi dengan memberikan syarat pemerintah dan FIFA harus membentuk tim transformasi sepak bola nasional. Federasi sepak bola dunia itu juga akan berkantor di Indonesia untuk membenahi sepak bola Tanah Air yang carut-marut ini.

Sekitar satu jam setelah menginjakkan kakinya di Indonesia, Gianni langsung menemui Jokowi. Ia tiba di Istana sekitar pukul 11.58 WIB, disambut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Erick, di tangga Istana Merdeka. Jokowi pun menyambutnya dengan hangat. 

"Bapak Gianni, senang bertemu Anda lagi," kata Jokowi, seraya menjabat tangan, lalu keduanya berbincang-bincang singkat di depan awak media.

Baca juga : Sandiaga Minta Masyarakat Banten Gabung Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Tak lama, mantan Wali Kota Solo itu langsung memboyong Gianni ke Ruang Jepara. Di sana, Gianni dan Jokowi melangsungkan pertemuan tertutup selama 2 jam. Sekitar 30 menit Gianni bertemu empat mata dengan Jokowi, sisanya 1,5 jam, Gianni dan tim FIFA berdiskusi serius dengan Menpora dan Erick.

Usai pertemuan, Gianni mengungkapkan alasan kenapa mau bela-belain datang ke Indonesia. Bahkan, langsung berkantor di sini. Ia mengaku kepingin menjadikan Indonesia sebagai negara terpandang dari sisi sepak bola. Tidak hanya dalam hal ekonomi, dimana Indonesia saat ini menjadi presidensi 20 negara top alias G20.

“Episentrum sepak bola di belahan dunia ini akan ditentukan di sini, di Indonesia," ucap Gianni, di Istana Merdeka, dengan penuh semangat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.