Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PUPR Gandeng Bank Dunia Atasi Kemiskinan Ekstrem Di Tangerang

Rabu, 26 Oktober 2022 12:12 WIB
Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau Bedah Rumah warga di Tangerang.
Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau Bedah Rumah warga di Tangerang.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian PUPR bersama Bank Dunia bersinergj untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di sejumlah daerah.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni melalui pelaksanaan Program National Affordable Housing Program (NAHP) Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya.

Salah satunya, di Kabupaten Tangerang, Banten. Ada 564 unit rumah dengan nilai bantuan sebesar Rp 11,28 miliar.

"Pelaksanaan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem ini merupakan salah satu prioritas utama Pemerintah," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Selasa (25/10)

Baca juga : Dukung Layanan 5G, Mitratel Fokus Kembangkan Ekosistem Bisnis Tower

Iwan menerangkan, Pemerintah bersama Bank Dunia ingin agar program Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Indonesia bisa berjalan dengan baik. Salah satunya, dengan menyalurkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk membantu meningkatkan kualitas rumah tidak layak huni masyarakat miskin.

Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, K.M Arsyad menjelaskan, Program BSPS NAHP sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat untuk memiliki rumah yang layak huni.

Adanya rumah yang layak huni diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan serta mendorong masyarakat hidup sehat bersama keluarga

Kepala Project Implementation Unit (PIU) NAHP, Chandra R.P Situmorang, menerangkan dalam pelaksanaan program BSPS ini ia mendorong terwujudnya integrasi program dan kolaborasi dengan stakeholder seperti Pemda dan BAZNAS.

Baca juga : Telkom Berupaya Bangun Kekuatan Ekonomi Digital di Asia Tenggara

Hal tersebut dibutuhkan untuk mengoptimalkan kualitas rumah layak huni bagi masyarakat penerima bantuan

"Data penerima bantuan untuk penanganan kemiskinan ekstrem inj kami dapatkan dari BKKBN. Kemudian ditindaklanjuti dengan verifikasi berdasarkan nama dan alamat atau by name by address untuk memastikan ketepatan sasaran penerima bantuan sesuai dengan kriteria program," terang Chandra.

Dalam pelaksanaan BSPS NAHP di Desa Cipaeh, Kecamatan Gunung Kaler yang menjadi lokasi kunjungan ini, Kementerian PUPR juga berkolaborasi dengan Baznas untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat miskin menjadi lebih layak huni sebanyak 19 unit.

Kunjungan lapangan ke Desa Cipaeh ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan, sekaligus monitoring untuk memastikan kegiatan NAHP yang juga didalamnya termasuk kegiatan BSPS telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.

Baca juga : Gandeng Yuki Kato, Adakami Edukasi Literasi Keuangan ke Masyarakat

Sementara Practice Manager, Urban Resilience and Land Practice Bank Dunia, Ming Zhang menjelaskan, dari hasil kunjungan lapangan ini pihaknya menilai, pelaksanaan BSPS NAHP ini sudah tepat sasaran yakni menyasar masyarakat miskin.

Adanya peningkatan kualitas rumah masyarakat miskin sangat diperlukan agar mereka bisa hidup  di rumah yang layak huni bersama keluarga.

"Kami sangat puas dan menilai hasil pembangunan lewat Program BSPS NAHP ini sudah tepat sasaran. Selain itu kami harap program ini bisa terus berlanjut dan dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia dan membantu Pemerintah mengurangi kemiskinan ektrem," harapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.