Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Webinar Literasi Digital Kominfo: Interaksi Penting Untuk Jualan Di Medsos

Selasa, 1 November 2022 14:11 WIB
Foto: Zoom.
Foto: Zoom.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan gerakan siberkreasi kembali gelar webinar literasi digital bertema "Tips Digital: Membangun Interaksi Via Sosial Media."

Dalam webinar yang dihadiri lebih dari 1.300 orang itu menghadirkan tiga praktisi literasi digital sebagai narasumber.

Yakni Lusi Ayu Daningsih, Duta Kampus Universitas Putra Indonesia Cianjur (UNPI); Denisa Nur, Head of RnD Urban Sakola; serta Aji Kresno, Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (PP) Jakarta.

Lusi Ayu membahas mengenai tips membangun interaksi via sosial media berbasis potensi lokal ditinjau dari perspektif cakap digital. Menurutnya ada 4 manfaat yang harus diketahui kenapa interaksi itu penting.

Baca juga : Cuap-Cuap Di Twitter Bisa Cuan

"Pertama, dengan interaksi mampu membuat konsumen lebih yakin terhadap usaha kita. Kedua, interaksi dapat membantu mengembangkan usaha kita dengan mendapatkan masukan. Ketiga, menjadi penjaga kualitas kepuasan pelanggan. Terakhir, dapat meningkatkan penjualan," papar Lusi Ayu.

Denisa Nur membahas mengenai tips membangun interaksi via sosial media ditinjau dari perspektif etis digital. Ada tiga etika yang perlu dipahami dalam membangun interaksi dengan pelanggan via sosial media.

Pertama, selalu menggunakan tutur kata yang sopan setiap berkomunikasi dengan pelanggan. Kedua, selalu memulai dengan mengucap salam.

"Ketiga, selalu memberikan informasi yang benar dan jujur," ujar Denisa Nur.

Baca juga : Indeks Literasi Dan Inklusi Keuangan Masyarakat Meningkat Di 2022

Terakhir, Aji Kresno melengkapi pembahasan mengenai tips membangun interaksi via sosial media ditinjau dari perspektif pilar aman digital. Ada dua tips aman dan nyaman dalam membangun interaksi dengan pelanggan.

"Pertama, tidak sembarang dalam memberikan informasi peribadi dan selalu jaga keamanan akun Anda dengan secara berkala update password dan mengaktifkan keamanan berjenjang," papar Aji Kresno.

Webinar ini merupakan bagian dari Program #MakinCakapDigital yang digaungkan Kominfo sejak tahun 2021 lantaran mayoritas masyarakat Indonesia telah melek digital.

Guna memaksimalkan itu, Kominfo menggandeng siberkreasi digital untuk meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat.

Baca juga : Khofifah Terima Penghargaan Dari Mendes PDTT

Salah satunya, lewat program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”, yang bertujuan membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar.

Dalam webinar tersebut, peserta mendapatkan sertifikat dan berbagai macam hadiah menarik. Bagi mereka yang berminat mengikuti program tersebut, dapat mengakses website dan media sosial Kominfo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.