Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Segmentasi Konsumen Maksimalkan Penjualan

Kamis, 20 Oktober 2022 21:30 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali gelar webinar literasi digital untuk komunitas dan masyarakat di Sumatera. Kali ini temanya "Tips Digital: Ads Berbasis Segmentasi" yang menghadirkan tiga praktisi digital sebagai narasumber.

Ketiganya adalah Lusi Ayu Daningsih, Direktur Program Literasi Digital Digimom; Denisa Nur, Head of RnD Urban Sakola; serta Aji Kresno,

Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran. Dalam webinar tersebut, Lusi Ayu Daningsih membahas tips ads (iklan) berbasis segmentasi ditinjau dari perspektif cakap digital. Dia bilang ada tiga tujuan melakukan segmentasi pasar.

Baca juga : Evaluasi, Kemen PUPR Mau Pastikan Selamat & Nyaman Di Jalan Tol

"Pertama, membantu untuk lebih mudah membedakan karakteristik pelanggan. Kedua, dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dengan treatment yang sesuai dengan karakteristik pelanggan. Terakhir, dapat membuat strategi pemasaran lebih terarah," papar Lusi Ayu Daningsih.

Sementara Denisa Nur memperkaya pembahasan mengenai tips ads berbasis segmentasi ditinjau dari perspektif etika digital. Menurutnya, komunikasi dan pelayanan akan menjadi hal yang penting dalam mendukung membangun loyalitas pelanggan.

Ia pun membagikan tips yang dapat kita lakukan untuk tetap beretika dalam melayani dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Baca juga : BP2MI Raih Penghargaan Terbaik I JDIHN Awards

"Pertama, selalu memberikan sapaan setiap kali memulai percakapan dengan konsumen. Kedua, gunakan kalimat dan bahasa yang sopan setiap kali berkomunikasi dan melayani pelanggan. Terakhir,selalu memberikan respon yang cepat setiap kali ada komplain dan pertanyaan dari pelanggan," jelas Denisa Nur.

Terakhir, Aji Kresno melengkapi pembahasan mengenai tips ads berbasis segmentasi ditinjau dari perspektif keamanan digital. Dia bilang, ada tiga aktivitas sederhana yang dapat dilakukan menjaga keamanan perangkat digital Anda.

Pertama, tidak sembarangan memberikan informasi data pelanggan kepada pihak luar. Kedua, tingkatkan keamanan sistem dengan melakukan pembaharuan password secara berkala.

Baca juga : Kementan Dorong Peningkatan Konsumsi Daging Ayam Dan Telur Nasional

"Terakhir, tidak sembarangan dalam klik link yang bersumber bukan dari sumber yang jelas dan terpercaya," ujar Aji Kresno.

Webinar yang terbuka untuk umum ini dihadiri lebih dari 1.300 orang. Mereka yang hadir diberikan E-sertifikat dan beragam hadiah menarik.

Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui Media Literasi Digital Kominfo di website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.