Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenkominfo Gelar Workshop Literasi Digital Di Labuan Bajo

Selasa, 1 November 2022 14:35 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mempercepat program transformasi digital Indonesia dan mendorong peningkatan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi masyarakat Indonesia, Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Sub Direktorat Literasi Digital menggelar Workshop Literasi Digital Untuk Kelompok Masyarakat dan Komunitas dengan Tagline 'Makin Cakap Digital'.

Kegiatan workshop yang dibuka secara resmi oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate via zoom dan dihadiri Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 21-22 Oktober 2022 dan diikuti oleh 250 peserta dari unsur masyarakat dan komunitas di Labuan Bajo, Jumat (21/10).

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto menjelaskan, tujuan dari penyelenggaran kegiatan Workshop Literasi Digital adalah supaya masyarakat dan kelompok komunitas di Labuan Bajo lebih bisa memahami literasi digital.

Baca juga : Kemenpora Gelar Beach Trail Run di Pelabuhan Ratu Sukabumi

Sekaligus, membantu target Kementerian Kominfo meningkatkan tingkat penetrasi internet dan target 50 juta peserta program literasi digital.

"Untuk mencapai tujuan tersebut, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Sub Direktorat Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mitra jejaring GNLD Siberkreasi telah menyusun sebuah Peta Jalan Literasi Digital tahun 2021-2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat di bidang TIK dan digital serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru," kata Bonifasius, seperti keterangan yang diterima RM.id, Selasa (1/11).

Dijelaskannya, di dalam peta jalan ini dirumuskan juga 4 kerangka dalam menyusun kurikulum literasi digital, yaitu Digital Skills, Digital Safety, Digital Safety, dan Digital Culture.

Baca juga : Cuap-Cuap Di Twitter Bisa Cuan

Serta 3 kerangka dalam menyusun program untuk 3 komponen masyarakat, yaitu Digital Society, Digital Economy, dan Digital Government.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan, saat ini perkembangan pengguna internet di Indonesia sangat meningkat dimana telah mencapai angka 196,76 Juta pengguna aktif atau 73,7 persen dari populasi penduduk Indonesia dengan didominasi oleh pengguna media sosial.

"Ini merupakan tantangan bagi pegiat media sosial khususnya generasi Z dan Generasi Milenial. Tantangan ini tentunya menjadi tanggungjawab kita semua untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang Literasi Digital yang perlu dikemas sehingga menjadi topik yang dibahas di lingkaran keluarga/saudara," ujar Bupati Edi Endi.

Baca juga : Keseriusan Ganjar Pranowo Awasi Dan Cegah Penyakit Gagal Ginjal Akut Di Jawa Tengah

Kemudian Bupati Mabar menjelaskan, ada 4 hal yang perlu  ximiliki dalam pemanfaatan media digital, yaitu Digital Skill, Digital Culture, Digital Ethic, dan Digital Safety.

"Tentunya 4 hal ini lah yang perlu kita pelajari dan pahami bersama pada kesempatan Workshop ini. Dan ini merupakan bentuk tanggungjawab dan komitmen pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo maupun Pemda Manggarai Barat dalam mencegah dan menghentikan penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya bagi generasi Z dan generasi milenial," ungkapnya.

Bupati berharap, seluruh peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini secara seksama, sehingga semuanya dapat dinyatakan mengimplementasikan pengetahuan akan literasi digital. Atau telah memiliki tambahan pengetahuan untuk memasuki era digital saat ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.