Dark/Light Mode

Gelar Apel Siaga

Muhadjir Minta Masyarakat Waspadai Musim Bencana

Kamis, 10 November 2022 07:55 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy saat melaksanakan Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Menghadapi Bencana Hidrometeorologi di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Rabu (9/11/2022). (Foto: Humas Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy saat melaksanakan Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Menghadapi Bencana Hidrometeorologi di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Rabu (9/11/2022). (Foto: Humas Kemenko PMK)

 Sebelumnya 
Apel Kesiapsiagaan dan lati­han simulasi bencana, kata dia, menjadi elemen yang sangat berperan penting untuk mem­bangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam meng­hadapi bencana.

Kegiatan ini diharapkan di­jadikan momentum memperkuat kerja sama penanggulangan ben­cana antarinstitusi/organisasi. Dengan mengkaji kemampuan peralatan penunjang peringatan dini, evakuasi serta tanggap darurat, meningkatkan kapasi­tas SDM dalam melaksanakan standar operasional.

Muhadjir mengatakan, tan­tangan kebencanaan ini juga menjadi topik penting dalam rangkaian acara G20. Indonesia baru saja menjadi tuan rumah Forum Global Pengurangan Risiko Bencana atau the 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang dihadiri 193 negara di Bali.

Baca juga : NasDem Disarankan Usung Capres Hasil Musra

Sesuai misi besar GPDRR, kegiatan apel siaga dan simu­lasi menghadapi bencana metrohidrologi hari ini menjadi bagian dari ikhtiar “resiliensi berkelanjutan” untuk meredam dampak kebencanaan secara kontinyu.

Kita seharusnya terus meningkatkan kapasitas dalam upaya penanggulangan bencana. Bencana adalah urusan bersama.

“Untuk itu, penanggulangan bencana bukan hanya tugas Pemerintah semata, namun memerlukan dukungan berbagai pihak seperti akademisi, dunia usaha, masyarakat, lembaga filantropi, dan media,” jelas Muhadjir.

Baca juga : Kepala BNPT: Perkuat Identitas Budaya Indonesia

Dalam kesempatan itu, Muhadjir turut memberi piagam penghargaan kepada 23 perwakilan Tim Medis Gabungan dan Tim Bantuan Kemanusiaan Indonesia sebagai apresiasi, karena telah bekerja kurang lebih satu bulan di daerah terdampak bencana banjir Pakistan.

Dia juga menyempatkan berkeliling mengecek persiapan peralatan, personel dan posko untuk bencana, didampingi Kepala BNPB, Pj Gubernur DKI Jakarta dan pejabat terkait.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto akan berkomitmen keselamatan rakyat adalah yang utama.

Baca juga : Gandeng 7 Bank, Bukit Podomoro Mudahkan Masyarakat Beli Rumah

“Mudah-mudahan dengan apel ini semua yang terkait penanggunalan bencana sudah siap segala sesuatunya. Baik personel peralatan dan peranti lunak agar bisa masuk ke sasaran secepat­nya,” tuturnya.

Hadir dalam apel, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Indra Miza, Direktur Jenderal SDA PUPR Jarot Widyoko, Plt Kabag Geologi Kementerian ESDM Wafid, Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Sumarjaya, Perwakilan pejabat Kementerian/Lembaga, TNI dan Polri serta Perwakilan Lembaga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.