Dark/Light Mode

Ihan Batak Layani Angkutan Penyeberangan di Danau Toba, Masyarakat Happy

Rabu, 31 Juli 2019 18:59 WIB
KM Ihan Batak (Foto: Antara)
KM Ihan Batak (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Kapal Motor (KM) Ihan Batak yang dibangun Kementerian Perhubungan melalui APBN Tahun Anggaran 2017-2018 untuk melayani angkutan penyeberangan yang berkeselamatan di Danau Toba, Sumatera Utara, mendapat respon positif dari masyarakat sekitar Danau Toba.

Kapal berbobot 300 Gross Tonnage (GT) tersebut sempat dinaiki Presiden Jokowi, saat melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa (30/7).  Dari Pelabuhan Ajibata, Parapat ke Pelabuhan Ambarita, Pulau Samosir.

Masyarakat menilai, beroperasinya KM Ihan Batak, sangat membantu mereka dalam memudahkan mobilitasnya sehari-hari. Mereka juga merasa aman dan nyaman, karena kapal tersebut telah dibangun dengan standar keselamatan yang memadai.

"KM Ihan Batak ini sangat membantu saya dalam melakukan penyeberangan. Kapalnya juga nyaman dan enak, " ucap Leo (22), salah seorang penumpang Kapal Ihan Batak yang menyeberang dari Pelabuhan Ambarita, Pulau Samosir menuju Pelabuhan Ajibata, Parapat, Rabu (31/7).

Baca juga : Ayo..Atasi Stunting dengan Pola Hidup Sehat dan Gerakan Masyarakat

Leo merupakan salah satu penumpang dari generasi milenial, yang rutin menggunakan KM Ihan Batak untuk melakukan kegiatannya. Selain Leo, ada pula Pak Ringgo (50), penumpang yang membawa kendaraan untuk menyeberang. Ia merasa sangat senang dengan kehadiran KM Ihan Batak ini.

"Pengalaman saya naik kapal ini sangat bagus. Enak, lengkap semua fasilitasnya. Ada yang AC, VIP. Sangat mudah dan membantu untuk kita sebagai pengendara mobil," ucap Ringgo.

Dengan adanya tanggapan positif dari masyarakat, para petugas kapal atau yang biasa disebut ABK (anak buah kapal) menjadi semangat dalam melakukan pelayanan terbaik. Salah satu ABK bernama Harto Samosir berharap, respon positif ini juga diikuti dengan kesadaran masyarakat, dalam menjaga kebersihan dan merawat KM Ihan Batak.

"Kalau masyarakatnya bisa menjaga kebersihan dan merawat KM Ihan Batak, kami sangat senang," kata Harto.

Baca juga : Menhub Cek Kesiapan Pelabuhan Di Danau Toba

Sebagai informasi kepada masyarakat Danau Toba, Sumatera Utara yang ingin menyeberang ke Pulau Samosir menggunakan KM Ihan Batak, bisa membeli tiket langsung ke Pelabuhan Ajibata.

Jadwal KMP Ihan Batak dari Pelabuhan Ajibata - Pelabuhan Ambarita, Samosir : 8.00 WIB ,11.00 WIB,14.00 WIB,17.00 WIB. Dari Pelabuhan Ambarita, Samosir - Pelabuhan Ajibata: 9.30 WIB, 12.30 WIB, 15.30 WIB, dan 18.30 WIB.

Harga tiket KM Ihan Batak untuk perorangan sebesar Rp 9000. Untuk kendaraan mobil kecil, dipatok harga Rp 135.000. Harga tersebut sudah termasuk tiket orang yang ada di dalam mobil.

KM Ihan Batak yang beroperasi sejak 27 Desember 2018, mempunyai kapasitas hingga 280 penumpang dan 32 unit mobil.

Baca juga : Penerimaan Siswa Baru 2019 Masih Belepotan

Pengadaan kapal penyeberangan KM Ihan Batak merupakan bentuk dukungan Kementerian Perhubungan, untuk mewujudkan angkutan penyeberangan yang berkeselamatan. Selain itu, juga untuk mendukung aksesibilitas di Danau Toba, yang menjadi salah satu dari 10 daerah yang diprioritaskan sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia.

Selain kapal Ihan Batak, Kemenhub akan membangun empat kapal lagi sampai tahun 2020, dengan total investasi 122 Milyar Rupiah (APBN). Di antaranya, dua kapal penyeberangan masing-masing 300 GT dan 200 GT yang akan selesai pada tahun 2019 dan 2020, dan dua bus air yang akan selesai pada tahun 2020. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.