Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Kata Menlu Retno, Soal Status Observer Oleh ASEAN, Untuk Timor Leste

Sabtu, 12 November 2022 13:14 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto: Istimewa)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan para pemimpin Pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) memberikan status negara pengamat (observer) kepada Timor Leste, dan memperbolehkan negara itu untuk berpartisipasi pada berbagai pertemuan ASEAN.

“Mengenai keputusan para pemimpin ASEAN terkait aplikasi keanggotaan Timor Leste, sebagaimana dimuat dalam ASEAN Leaders' Statement on the Application of Timor Leste to ASEAN, para pemimpin ASEAN di dalam dokumen tersebut memutuskan menyetujui secara prinsip diterimanya Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," kata Menlu Retno Marsudi di sela KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, seperti dikutip ANTARA, Sabtu (11/11).

Baca juga : Ini Kata Mantan Direktur WHO Soal Pandemi, One Health & Lingkungan

Dengan pengakuan itu, Timor Leste mendapatkan status observer. Dibolehkan berpartisipasi pada pertemuan ASEAN, termasuk sesi pleno KTT ASEAN.

Retno menuturkan, sebelum para pemimpin ASEAN mengambil keputusan, para Menlu ASEAN secara panjang lebar membahas mengenai aplikasi keanggotaan Timor Leste.

Baca juga : Ini Klarifikasi Menpora Soal Angkat Trofi Kemenangan Timnas U-16

Selain itu, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi, juga menyampaikan briefing mengenai hasil laporan tiga tim pencari fakta ASEAN.

“Menugaskan ACC atau ASEAN Coordinating Council, untuk memformulasikan peta jalan bagi keanggotaan penuh Timor Leste. Termasuk, berdasarkan milestone yang telah diidentifikasi dalam laporan misi pencari fakta, yang dilakukan berdasarkan tiga pilar komunitas ASEAN,” papar Retno.

Baca juga : Ini Menu Favorit Mo Salah Saat Berbuka Puasa

ASEAN Coordinating Council (ACC) adalah pihak yang ditugaskan untuk menyusun peta jalan (roadmap), yang akan dilaporkan untuk diadopsi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

"Semua negara ASEAN dan mitra dialog diminta mendukung penuh Timor Leste, untuk mencapai keanggotaan penuh. Melalui pemberian bantuan pengembangan kapasitas dan dukungan lainnya," pungkas Retno. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.