Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PUPR Perpanjang Masa Penggunaan Wisma Atlet Sebagai RS Covid-19

Selasa, 15 November 2022 17:34 WIB
Rapat BP2P Jawa 1 Ditjen Perumahan Kementerian PUPR rapat bersama Satuan Kerja Penyediaan Perumahan DKI Jakarta. (Foto: Dok. PUPR)
Rapat BP2P Jawa 1 Ditjen Perumahan Kementerian PUPR rapat bersama Satuan Kerja Penyediaan Perumahan DKI Jakarta. (Foto: Dok. PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 Ditjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan (Satker PP) DKI Jakarta melaksanakan Rapat Pembahasan Lanjutan Rencana Kegiatan Perawatan Bangunan Wisma Atlet Kemayoran dan Pademangan, Jumat (11/11).

Rapat ini melanjutkan pertemuan sebelumnya antara Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto bersama dengan Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan, 16 September 2022.

Sebelumnya, sehubungan dengan berakhirnya masa peminjaman bangunan gedung Rusun Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC-19) dan berakhirnya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kementerian PUPR dan BNPB di 2022, kedua belah pihak mengadakan rangkaian pertemuan. Namun, karena masih berjalannya kegiatan penyelenggaraan RSDC-19 Wisma Atlet Kemayoran dan Rusun Isoter Pekerja Migran Indonesia (PMI) Pademangan sebagai tempat penanganan dampak Covid-19 di Wilayah DKI Jakarta, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR melalui BP2P Jawa 1 dan BNPB mengadakan kembali pertemuan untuk membicarakan mengenai kegiatan perpanjangan penggunaan rusun dan perawatannya.

Baca juga : Persija Masih Ngarep Cari Lawan Uji Coba Sesama Klub Liga 1

Selain Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan dan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, rapat ini dihadiri juga Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Perumahan Kementerian PUPR M Hidayat, Kepala BP2P Jawa 1 Firsta Ismet, Kepala Satker PP DKI Jakarta Ridwan Sudartha dan tamu undangan lainnya.

Kepala BP2P Jawa 1 Firsta Ismet mengatakan, saat ini RSDC-19 Wisma Atlet dan Rusun Isoter PMI Pademangan masih sangat dibutuhkan dalam rangka penanganan dampak Covid-19. Karena itu, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR akan memperpanjang masa penggunaan kedua bangunan tersebut.

“Jadi, pertemuan ini fokus pada pembahasan mengenai kegiatan perawatan bangunan RSDC-19 dan Rusun Isoter PMI Pademangan yang masih digunakan BNPB untuk pengendalian dampak Covid-19. Kegiatan rutin perawatan rusun sangat penting karena berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan pengguna rusun tersebut,” ujar Firsta, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (15/11).

Baca juga : Perpusnas Beri Penghargaan Untuk 9 Penulis Terbaik

BP2P Jawa 1 Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, kata Firsta, sangat mendukung upaya Pemerintah melalui BNPB dalam rangka menangani dan mengendalikan pandemi Covid-19, terutama terkait dengan pencegahan penularan dan perawatan pasien yang membutuhkan ruang khusus yang layak dan nyaman untuk tempat beristirahat.

Seperti yang sudah diketahui, Rusun Wisma Atlet Kemayoran digunakan menjadi RS Darurat Covid-19 sejak 23 Maret 2020 atas arahan Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Langkah strategis ini merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi lonjakan pasien Covid-19 dan menyediakan tempat perawatan yang layak.■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.