Dark/Light Mode

Mendikbudristek Buka POMNAS Ke-17 Tahun 2022 Di Padang

Kamis, 17 November 2022 18:02 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Ist)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
“Semoga tahun depan penyelenggaraan POMNAS lebih baik lagi. Kepada teman-teman mahasiswa, selamat berjuang meraih prestasi,” pesan peraih medali emas dalam POMNAS tahun 2021 ini penuh semangat.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt Puspresnas) Asep Sukmayadi mengatakan bahwa perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan bukan saja berkewajiban mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Namun juga berkewajiban menyiapkan mahasiswa menjadi calon pemimpin bangsa masa depan yang memiliki kecerdasan yang menyeluruh, baik intelektual, emosional, sosial, spiritual dan fisik.

Olahraga kata dia, merupakan salah satu medium pendidikan yang mampu memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan nilai-nilai yang diperlukan dalam kehidupan sebagai calon pemimpin masa depan.

Baca juga : PB HMI Resmi Buka LK3 BADKO HMI Jabodetabeka-Banten Tahun 2022

“Kegiatan olahraga yang kompetitif akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk pengembangan kepribadian berkarakter yang mengandung nilai-nilai kecerdasan, keterampilan, pengendalian emosional, disiplin, sportivitas, demokrasi, persatuan dan kesatuan, serta perdamaian,” jelas Asep Sukmayadi.

Lebih lanjut dikatakan Kapuspresnas, prestasi olahraga bagi mahasiswa merupakan hal penting yang harus tercapai oleh karena mahasiswa memiliki dua keunggulan.

Yaitu; pertama, usia para mahasiswa emas (golden age) untuk dapat berprestasi optimal pada berbagai macam, dan kedua, mahasiswa memiliki daya nalar yang tinggi sehingga mampu memecahkan permasalahan dengan cepat dan akurat.

“Oleh karena itu, untuk mengukur hasil pembinaan atlet di kalangan mahasiswa selama dua tahun terakhir maka diselenggarakanlah ajang olahraga berskala nasional. Salah satu kegiatan multi event yang digunakan untuk mengukur kemajuan prestasi olahraga mahasiswa dari seluruh Indonesia ini bernama Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS),” imbuh Asep.

Baca juga : 2 Pekan Libur, Skuad Persib Kembali Latihan Di Lapangan

Penyelenggaraan POMNAS pertama berlangsung pada tahun 1990 di Yogyakarta dan selanjutnya secara bergiliran dilaksanakan di berbagai provinsi di Indonesia.

Tujuan POMNAS adalah memupuk dan meningkatkan persatuan; kebersamaan; persahabatan antar-mahasiswa se Indonesia.

Kemudian, memupuk dan meningkatkan kesadaran Berbangsa dan Bernegara berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Berikutnya, meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa. Lalu, meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas mahasiswa dan neningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa.

Baca juga : Kemendikbudristek Sediakan Beasiswa Indonesia Maju S1 Luar Negeri

Tujuan lain, membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional, serta menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga.

Acara POMNAS ini berlangsung selama 10 hari, digelar mulai tanggal 17 sampai 26 November tahun 2022. Adapun event POMNAS XVII di Sumbar ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang dan Sepak Takraw.

Kesembilan cabor ini digelar di Kampus UNP. Sementara cabor Tae Kwon Do dan Karate dilakukan di Kampus Akademi Teknologi Industri Padang. Sedangkan untuk cabor Bulu Tangkis dan Panjat tebing pelaksanaannya di Kampus Universitas Andalas. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.