Dark/Light Mode

Gandeng Kampus, BNPP Kembangkan Potensi Kawasan Perbatasan Paloh

Minggu, 20 November 2022 21:55 WIB
Sekretaris BNPP Restuardy Daud. (Foto: Humas BNPP)
Sekretaris BNPP Restuardy Daud. (Foto: Humas BNPP)

 Sebelumnya 
Restuardy menambahkan, Paloh merupakan salah satu lokasi pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

Terkait dengan percepatan pembangunan ekonomi, sektor pariwisata merupakan sektor yang berkembang pesat dan strategis sebagai sumber pendapatan dan devisa nasional, pencipta kesempatan kerja dan berusaha.

Baca juga : Kementan Gandeng PT Berdikari Kembangkan Sapi Wagyu Di Gowa

Sekaligus, sebagai media untuk melestarikan nilai-nilai budaya dalam arah pembangunan pariwisata, terutama dilihat sebagai penggerak ekonomi. Hal tersebut yang ingin dikembangkan di Temajuk-Paloh.

Kegiatan FGD Pengembangan Inovasi Bisnis (Laboratorium Perbatasan) dan Pelatihan Pemasaran terhadap UMKM dan Tata Kelola Desa Wisata tersebut diharapkan dapat membentuk pelaku usaha pemula dalam mengembangkan potensi di wilayahnya.

Baca juga : PP-Kadin Kembangkan 1.000 Warung Pancasila, Bamsoet Dukung Penuh

Kemudian, adanya aktivitas kewirausahaan khususnya peningkatan usaha kecil, terbentuknya SDM yang handal dalam pengembangan potensi unggulan di wilayah perbatasan.

Selanjutnya, penguatan kelembagaan desa wisata, serta tersusunnya bahan acuan dokumen telaah strategis kerja sama pengelolaan potensi perbatasan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

Baca juga : KTT G20 Sukses, Kepala BNPT Apresiasi Jajaran Pengamanan

Beberapa narasumber dalam kegiatan ini, antara lain Prof. Suratman dan Agung M dari Universitas Gadjah Mada, Prof. Dewi Apri Astuti dari Institut Pertanian Bogor, dan Elyta dari Universitas Tanjungpura. 

Lalu, Irman Irawan dari Universitas Mulawarman; Mudiyati Rahmatunnisa dari Universitas Padjajaran, serta fasilitator dari Universitas Tanjungpura. Selain itu kegiatan ini turut difasilitasi oleh Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Pusat dan BRI. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.