Dark/Light Mode

Republik Bakal Kendalikan DPR, Demokrat Kuasai Senat AS

Senin, 14 November 2022 07:05 WIB
Catherine Cortez Masto memenangkan pemilihan ulang di Negara Bagian Nevada. Kemenangannya memperkuat posisi Demokrat di Senat Amerika Serikat. (Foto New York Times)
Catherine Cortez Masto memenangkan pemilihan ulang di Negara Bagian Nevada. Kemenangannya memperkuat posisi Demokrat di Senat Amerika Serikat. (Foto New York Times)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senator Demokrat AS Catherine Cortez Masto akhirnya memenangkan pemilihan ulang di Nevada, Sabtu (12/11). Kemenangan ini pun menjadikan Partai Demokrat akan menguasai Senat AS hingga 2024.

Cortez Masto mengalahkan penantang dari Partai Republik, Adam Laxalt, mantan jaksa agung negara bagian yang didukung mantan Presiden Donald Trump.

Baca juga : Dana Desa Solusi Ampuh Dongkrak Ekonomi Bangsa

Dengan kemenangan Masto setelah Senator Demokrat Mark Kelly memenangkan pemilihan ulang di Arizona Jumat malam (11/11), Demokrat kini menguasai 50 kursi Senat. Itu cukup untuk memperkuat kendali Demokrat atas Senat pada 2023 hingga 2024. Karena Wakil Presiden Demokrat Kamala Harris dapat memutuskan di majelis beranggotakan 100 orang, dan mengamankan kebijakan Presiden Joe Biden.

Jika Senator Demokrat Raphael Warnock memenangkan pemilihan putaran kedua Georgia pada 6 Desember nanti, melawan penantang dari Partai Republik Herschel Walker, itu akan memperluas mayoritas Demokrat menjadi 51 berbanding 49.

Baca juga : Perpustakaan, Tempat Tepat Sebagai Sahabat Informasi Anak

“Amerika menunjukkan bahwa kami percaya pada demokrasi, bahwa akar demokrasi dalam dan kuat,” kata Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, yang berasal dari Demokrat, dilansir Reuters, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.