Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kendalikan Inflasi

Tito Keluarkan 9 Jurus Sakti

Selasa, 29 November 2022 07:55 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Foto: Dok. Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Foto: Dok. Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membeberkan sembilan jurus untuk mengendalikan inflasi. Langkah tersebut dapat menjadi panduan daerah untuk mengendalikan inflasi.

Menurut Tito, langkah per­tama, melakukan pemantauan harga dan stok untuk memasti­kan kebutuhan tersedia. Kedua, melaksanakan rapat teknis Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Baca juga : KPU Gunakan Jurus Video Call Dan Rekaman

“Tidak mungkin pengenda­lian inflasi diatasi sendiri oleh Pemerintah Daerah. Upaya ini melibatkan Bank Indonesia (BI), Badan Pusat Statistik (BPS), TNI, Polri, distributor dan lain-lain,” ujar Tito, saat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, kemarin.

Ketiga, menjaga pasokan ba­han pokok dan barang penting. Kempat melaksanakan pencanangan gerakan menanam. Seperti, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, dan lain sebagainya. Baik di pekarangan, maupun yang dikoordinir oleh jajaran TNI dan Polri.

Baca juga : Ayo Gencarkan Terus Pake Kendaraan Listrik

Kelima, melaksanakan operasi pasar murah bersama dinas terkait. Keenam, melakukan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang.

Ketujuh, berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan. Kedelapan, bisa melakukan instrumen anggaran, yaitu BTT (Belanja Tidak Terduga) serta bantuan sosial alias bansos. Kesembilan, juga bantuan transportasi dari APBD.

Baca juga : Kemenperin: Penerapan Industri Hijau Kerek Daya Saing Industri

Menurut Tito, berdasarkan da­ta yang dikantongi Kemendagri, sejumlah daerah diketahui telah bergerak dalam pengendalian inflasi. Tapi, upaya tersebut perlu dioptimalkan dengan men­jalankan semua langkah pokok tersebut.

Apalagi, berdasarkan data yang sama, diketahui sejumlah daerah baru melaksanakan be­berapa langkah saja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.