Dark/Light Mode

Kendalikan Inflasi

Tito Keluarkan 9 Jurus Sakti

Selasa, 29 November 2022 07:55 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Foto: Dok. Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Foto: Dok. Kemendagri)

 Sebelumnya 
Mantan Kapolri ini juga menyampaikan, realisasi penda­patan APBD seluruh daerah di Indonesia. Daerah itu meli­puti provinsi, kabupaten, hingga kota.

Dari data itu, beberapa daerah menorehkan pendapatan tertinggi per 25 November 2022. Seperti Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Timur, dan Aceh.

Baca juga : KPU Gunakan Jurus Video Call Dan Rekaman

Sedangkan untuk tingkat ka­bupaten, antara lain Kabupaten Tanah Laut, Bojonegoro, Mahakam Ulu, dan Sumbawa Barat. Sementara di tingkat kota, antara lain Kota Prabumulih, Bontang, Lubuk Linggau dan Denpasar.

Untuk daerah dengan realisasi pendapatan masih rendah, supaya ada upaya ekstra yang harus perlu dioptimalkan.

Baca juga : Ayo Gencarkan Terus Pake Kendaraan Listrik

Hal yang sama juga berlaku bagi daerah dengan realisasi belanja APBD rendah. Tito se­cara khusus meminta realisasi belanja APBD untuk digen­jot, agar uang dapat beredar di masyarakat.

Belanja Pemerintah termasuk daerah adalah tulang punggung ekonomi, untuk pertumbuhan ekonomi supaya bisa uang be­redar di masyarakat.

Baca juga : Kemenperin: Penerapan Industri Hijau Kerek Daya Saing Industri

“Ini untuk memperkuat kon­sumsi masyarakat, daya beli masyarakat. Kemudian, untuk memancing sektor swasta agar bergerak karena adanya uang Pemerintah yang mengalir,” tandas Tito. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.