Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wamendag Dukung Partisipasi Perempuan Dalam Dunia Usaha

Selasa, 29 November 2022 23:32 WIB
Wamendag, Jerry Sambuaga
Wamendag, Jerry Sambuaga

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga optimistis kaum perempuan tak hanya menjadi soko guru keluarga, tetapi juga perekonomian nasional. 

Pada 2025, di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), para perempuan pengusaha diproyeksikan akan berhasil mengelola usahanya sebesar USD 135 miliar. 

Partisipasi perempuan dalam dunia usaha semakin meningkat. Pada 2021, tercatat perempuan mengelola 64,5 persen dari total usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pada 2025, UMKM yang dikelola perempuan diproyeksikan mencapai USD 135 miliar. Semua angka tersebut menunjukkan, perempuan memiliki potensi yang luar biasa dan tidak lepas dari upaya memajukan perekonomian di Indonesia,” kata Wamendag dalam seminar Internasional Trade Center (ITC) SheTrades yang digelar secara daring kemarin, Senin (28/11). 

Menurutnya, di tengah ketidakpastian dampak pandemi terhadap UMKM, perempuan pengusaha menunjukkan ketangguhan. Riset United Nations Development Programme (UNDP) tentang dampak pandemi terhadap UMKM di Indonesia menemukan, usaha yang dikelola perempuan lebih mampu bertahan dibandingkan laki-laki. 

Baca juga : Hadiri Forum HAM Di Jenewa, Roro Bicara Peran Kaum Muda Dalam Pembangunan Bangsa

“Ketangguhan ini ditunjukkan melalui adaptasi UMKM perempuan yang memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana distribusi utama," jelas Jerry. 

Wamen dari Partai Golkar ini  menambahkan, di tingkat usaha mikro, tercatat 52 persen dari 64 juta pelaku usaha mikro di Indonesia adalah perempuan. Untuk tingkat usaha kecil, 56 persen dari 193 ribu pemilik usaha kecil adalah perempuan.  Untuk usaha menengah, 34 persen dari 44,7 ribu pelaku usaha adalah perempuan. 

"Kita juga melihat betapa banyaknya produk yang berhubungan dengan perempuan, seperti produk fesyen, kuliner, kecantikan, dan kerajinan tangan. Ini semua adalah potensi perdagangan dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa kita," imbuhnya. 

Dalam sambutanya, Wamendag menekankan pentingnya peran perempuan dan UMKM dalam kehidupan ekonomi Indonesia, Kementerian Perdagangan berupaya meningkatkan kontribusi perempuan dan UMKM dalam perdagangan Indonesia. 

Baca juga : Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Nasabah BRI

Kementerian Perdagangan juga telah memfasilitasi 500 UMKM melalui program digitalisasi untuk bermitra dengan peritel dan lokapasar modern. Selain itu, pendampingan ekspor juga dilakukan melalui export coaching program kepada 300 UKM di sepuluh wilayah. 

"Kementerian Perdagangan akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan peran partisipasi perempuan. Partisipasi dan inisiatif dari pemangku kepentingan terkait, termasuk ITC dan Unilever, akan menjadi kolaborasi yang efektif untuk membangun ekosistem wirausaha perempuan dalam mengadaptasi tantangan global," ujar Jerry. 

Kementerian Perdagangan mencatat, ekonomi Indonesia tumbuh positif sebesar 5,72 persen yearon-year pada kuartal III-2022 di tengah ketidakpastian pertumbuhan ekonomi global. 

Ketahanan ekonomi dan perdagangan Indonesia ditopang pertumbuhan ekspor yang tumbuh 30,97 persen YoY pada Januari--Oktober 2022. 

Baca juga : MPR Tunda Sidang Paripurna Pembentukan Panitia Ad Hoc PPHN

Pertumbuhan ini juga membawa surplus neraca perdagangan selama 30 bulan sejak Mei 2020. Neraca perdagangan Indonesia mencatat surplus USD 45,52 miliar atau menjadi yang tertinggi dalam sejarah. Dalam perdagangan dalam negeri, UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia. 

Hampir 99,9 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Pada 2021, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60,5 persen sedangkan kontribusinya terhadap ekspor nonmigas mencapai 14,3 persen.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.