Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PUPR-Kemenkeu Lakukan Serah Terima BMN Tahap II Senilai Rp 19 T

Rabu, 7 Desember 2022 22:23 WIB
Seremoni serta alih status penggunaan BMN kepada Kementerian/Lembaga (K/L), di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (7/12). (Foto: Dok. PUPR)
Seremoni serta alih status penggunaan BMN kepada Kementerian/Lembaga (K/L), di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (7/12). (Foto: Dok. PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan serah terima Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR Tahap II kepada Pemerintah Daerah (Pemda), Yayasan, dan Perguruan Tinggi, serta alih status penggunaan BMN kepada Kementerian/Lembaga (K/L), di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (7/12). Ini merupakan bagian dari amanah tata kelola APBN dan pengelolaan BMN, yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan, kegiatan ini merupakan upaya sinergi Kemenkeu selaku pengelola barang dan Kementerian PUPR sebagai pengguna barang, untuk mengoptimalkan penyerahan infrastruktur yang telah dibangun Kementerian PUPR yang didanai APBN.

"Dengan langkah ini, BMN tersebut dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat. Melalui mekanisme hibah BMN ini, diharapkan juga mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Sri Mulyani. 

Baca juga : Kementerian Investasi Fasilitasi Kemitraan Usaha Besar Dan UMKM Senilai Rp 143 M

Dia melanjutkan, negara yang peradabannya tinggi dan punya tata kelola yang baik, pasti melaporkan aset yang dibangun kepada publik, juga akan dipelihara dan dimanfaatkan untuk publik.

“Jika teman-teman PUPR terus membangun kesadaran, bahwa barang-barang milik negara harus dijaga bersama dan dimanfaatkan secara maksimal, sebetulnya Kementerian PUPR tidak hanya membangun infrastruktur fisik tapi yang paling penting adalah membangun peradaban,” ucapnya.

Sri Mulyani juga memberikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang terus aktif melakukan serah terima BMN. Dia menerangkan, hal ini merupakan bentuk akuntabilitas publik yang sangat penting.

Baca juga : Kenaikan Harga Telur Bikin Babak Belur

“Aset-aset negara ini berasal dari uang yang kita peroleh dari pajak, bea dan cukai, penerimaan bukan pajak, atau surat berharga lainnya. Sehingga diharapkan masyarakat memahami bagaimana pengelolaan uang negara itu dilakukan dan melihat hasil nyatanya,” ujarnya. 

Sebelumnya, seremoni serah terima BMN Tahap I telah diselenggarakan pada 29 Maret 2022 dengan total nilai BMN yang telah diserahkan sebesar Rp 222,58 triliun. BMN tersebut terdiri atas BMN yang dihibahkan sebesar Rp 221,58 triliun dan BMN yang dialihstatuskan penggunaannya sebesar Rp 1 triliun.

“Pada serah terima BMN Tahap II hari ini, nilai BMN Kementerian PUPR yang diserahterimakan sebesar Rp 19,09 triliun. Terdiri dari BMN yang dihibahkan, sebesar Rp 17,63 triliun, dan BMN yang dialihstatuskan penggunaannya sebesar Rp 1,46 triliun,” kata Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.