Dewan Pers

Dark/Light Mode

Syarief Hasan Terima Bintang Tanda Jasa Dari Jepang

Jumat, 4 November 2022 23:07 WIB
Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat, Prof. Syarief Hasan. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat, Prof. Syarief Hasan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat Prof. Syarief Hasan akan mendapatkan penganugerahan Bintang Tanda Jasa "The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star" dari Pemerintah Jepang. Pemberian Bintang Tanda Jasa ini diumumkan secara resmi oleh Pemerintah Jepang pada Kamis, (3/11).

Pemberian Bintang Tanda Jasa dari Pemerintah Jepang kepada Syarief dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan jasa Syarief Hasan dalam memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan Indonesia dan Jepang di bidang Politik dan Ekonomi. Khususnya selama menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM Periode 2009-2014.

Pemerintah Jepang menilai, peran Syarief Hasan selama menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM di masa Pemerintahan Presiden SBY sangat memperkuat hubungan Indonesia dan Jepang.

Selain itu, Syarief Hasan juga dinilai sangat berkontribusi dalam kapasitasnya sebagai Anggota DPR sejak tahun 2014 hingga sekarang melalui Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Parlemen Indonesia-Jepang.

Berita Terkait : 4 Tokoh Ini Terima Bintang Jasa Dari Pemerintah Jepang, Ada Jonan, Syarief Hasan Dan Akbar Tandjung

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini menyampaikan, Bintang Tanda Jasa tersebut sangat bermakna bagi dirinya.

"Saya atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan terima kasih atas apresiasi Pemerintah Jepang. Bintang Jasa ini sangat bermakna bagi saya karena menunjukkan hubungan Indonesia-Jepang terbangun dengan baik di masa saya menjadi Menteri Koperasi dan UKM pada Pemerintahan SBY," ungkap Syarief Hasan.

Syarief Hasan melanjutkan, Jepang adalah rekan Indonesia yang sangat strategis. Khususnya dalam bidang ekonomi.

"Jepang banyak menyerap pekerja Indonesia, juga banyak bekerjasama dalam membantu UKM Indonesia untuk berdaya melalui peningkatan skill pelaku usaha," tambahnya.

Berita Terkait : Di Kandang Jadi Teman, Di Jalanan Jadi Lawan

Guru Besar bidang Manajemen ini juga menceritakan pengalamannya semasa muda di Jepang. Dia pernah berkarir di Jepang sehingga saya melihat peluang kerja sama Jepang Indonesia, khususnya dalam penyerapan tenaga kerja.

"Karenanya, kami kemudian melatih dan menyiapkan tenaga kerja Indonesia untuk dikirim ke Jepang," tambahnya.

Menurutnya, kebijakan yang ia ambil berefek positif untuk kedua negara. Melalui pelatihan tersebut, anak muda Indonesia yang terlatih tersebut dapat bekerja perusahaan-perusahaan di Jepang.

Hal ini menguntungkan bagi Indonesia dan Jepang dalam peningkatan ekonomi nasional kedua negara dan penyerapan tenaga kerja Indonesia.

Berita Terkait : AHY Bicara Cegah Mega Krisis Di Masa Depan

Politisi senior Partai Demokrat ini pun berharap, hubungan Indonesia-Jepang dapat terus terjalin.

"Kita tentu komitmen untuk terus menguatkan hubungan Indonesia-Jepang yang sudah terbangun. Karenanya, meski saya kini di legislatif, saat ini saya juga masih terus aktif dalam kerjasama bilateral antar parlemen Indonesia-Jepang," tandasnya.

Syarief Hasan juga menyebut, Bintang Tanda Jasa yang diterimanya sebagai penghargaan untuk Indonesia.

"Juga bentuk penghargaan kepada Presiden SBY yang membimbing saya selaku Menteri Koperasi & UKM 2009-2014 dalam meningkatkan hubungan Indonesia Jepang dan seluruh masyarakat Indonesia yang mampu meningkatkan hubungan Indonesia dan Jepang," tutup Syarief Hasan. ■