Dark/Light Mode

Kolaborasi Seluruh Pemangku Kepentingan, Kunci Sukses Pengembangan Talenta Indonesia

Rabu, 21 Desember 2022 16:49 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikudristek)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikudristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tidak dapat bekerja sendiri mengelola talenta muda Indonesia.

Perlu dukungan dari berbagai pemangku kepentingan baik kementerian/lembaga, sektor swasta, kalangan industri serta masyarakat luas.

Dalam pelaksanaan kegiatan perlombaan, tentunya Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Mulai dari dinas pendidikan, sekolah dan perguruan tinggi, organisasi mitra.

Baca juga : Kolaborasi Faperta Unas Dengan APTS-IPI Wujudkan Ekonomi Hijau di Indonesia

Kolaborasi ini menandakan semangat bersama kita untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan prestasi anak-anak Indonesia,” tegas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, di Jakarta pada Selasa (20/12).

Untuk itu, selain memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pelajar berbakat di Indonesia atas semangat mereka untuk terus berkarya dan berprestasi, Mendikbudristek juga menyampaikan terima kasih kepada mitra Puspresnas dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

"Saya berterima kasih kepada semua pihak yang terus mendukung upaya manajemen talenta yang saat ini menjadi salah satu prioritas gerakan Merdeka Belajar,” imbuhnya.

Selama setahun terakhir, beragam upaya kerja sama telah digagas dengan menggandeng para pemangku kepentingan di dunia pendidikan.

Baca juga : Moeldoko: KUHP Bukan Untuk Kepentingan Pemerintah Saat Ini

Untuk itu, dalam acara Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra 2022, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas turut menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kolaborasi yang terjalin dengan baik.

“Kami berterima kasih kepada bapak ibu mitra, kementerian/lembaga dan industri, media massa yang selama ini sudah membantu kami bersama-sama memberi perhatian dalam pengembangan talenta muda Indonesia,” ucapnya di hadapan para mitra yang hadir.

Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) sekaligus Pemimpin Redaksi Info Publik, Nursodik Gunarjo mengaku bangga atas kerja sama yang terjalin secara berkelanjutan antara Kemenkominfo dan Kemendikbudristek.

“Saya yakin para mitra dengan porsinya masing-masing akan tergerak untuk berkolaborasi,” ujarnya.

Baca juga : Daewoong Pharmaceutical dan KOFICE Bantu Penyandang Disabilitas Indonesia

Sementara itu, salah satu mitra Puspresnas dan BPTI, Presiden Direktur Acer Indonesia, Herbert, mengatakan bahwa kolaborasi adalah kunci dalam pembangunan talenta.

Semua pihak seyogyanya bergotong royong baik dari ekosistem pendidikan, sektor swasta maupun industri.

“Kolaborasi bisa menyatukan banyak bakat, ilmu dan sumber daya dalam mengelola talenta yang ada,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.