Dark/Light Mode

Kolaborasi Seluruh Pemangku Kepentingan, Kunci Sukses Pengembangan Talenta Indonesia

Rabu, 21 Desember 2022 16:49 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikudristek)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikudristek)

 Sebelumnya 
Dalam beberapa tahun, kata Herbert, talenta muda Indonesia mengalami perkembangan pesat dan jika dikelola dengan baik, akan menjadi aset yang luar biasa dalam mendukung kemajuan bangsa.

Berbagai lompatan inovasi di dunia pendidikan serta perubahan zaman menurutnya perlu disikapi dengan cermat oleh pemangku kepentingan guna menangkap situasi ini sebagai peluang.

Baca juga : Kolaborasi Faperta Unas Dengan APTS-IPI Wujudkan Ekonomi Hijau di Indonesia

"Industri bisa menjadi fasilitator yang nantinya sumber daya ini akan sangat berguna untuk pembangunan ke depan bagi bangsa maupun dunia industri itu sendiri. Kami melihat bahwa dukungan bagi pengembangan talenta di Indonesia sebagai hal yang positif bagi pembangunan bangsa secara luas,” jelasnya.

Terkait pengembangan talenta Indonesia, Acer Indonesia berkolaborasi dengan Puspresnas saat penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IoI).

Baca juga : Moeldoko: KUHP Bukan Untuk Kepentingan Pemerintah Saat Ini

Pada kesempatan ini perwakilan dari media massa, Pemimpin Redaksi Medcom.id, Indra Maulana, sangat mendukung dalam pengembangan talenta. Oleh karena itu, pihaknya turut memberikan beasiswa.

"Sekarang ini kata kuncinya kolaborasi dengan berbagai pihak sejak dini menjadi sangat penting karena ini merupakan tanggung jawab kita menumbuhkan generasi kompeten yang akan membangun bangsa ini dan bisa bertahan di masa mendatang," ucapnya.

Baca juga : Daewoong Pharmaceutical dan KOFICE Bantu Penyandang Disabilitas Indonesia

"Para mitra merupakan fasilitator bagi anak-anak muda membangun dunia di masa depan. Oleh karena itu, anak-anak muda harus memiliki tekad yang kuat dalam membangun negerinya. Talenta muda harus membekali dirinya dengan kecakapan digital sebagai salah satu kompetensi yang dikuasai," tutur Indra.

Senada dengan itu, Pelatih Sepak Bola Indonesia, Indra Sjafri, juga menyinggung pentingnya kolaborasi antarbidang. Ia meyakini, sepak bola di Indonesia akan sukses jika kolaborasi antar K/L terjalin harmonis baik dalam proses pembinaan atlet hingga penetapan kurikulum yang terstandar bagi atlet-atlet di Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.