Dark/Light Mode

Amankan Nataru, 166 Ribu Personil TNI/Polri Diturunkan

Kamis, 22 Desember 2022 20:30 WIB
Dari kiri: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam Apel Operasi Lilin 2022, di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12). (Foto: Kemenko PMK)
Dari kiri: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam Apel Operasi Lilin 2022, di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12). (Foto: Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, keamanan merupakan hal yang mutlak sebagai prasyarat kegiatan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Hal itu disampaikan Muhadjir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022, di Monas, Jakarta, Kamis (22/12). “Sesuai pesan Presiden, pelaksanakaan Natal dan Tahun Baru harus aman,” ucapnya.

Baca juga : Penjinak Bom Diterjunkan

Selain memastikan operasi berjalan dengan lancar, sebagai Koordinator Pelaksanaan Operasi Lilin 2022 yang ditunjuk langsung Presiden Jokowi, Muhadjir turut menyampaikan apresiasi kepada TNI/Polri dan pasukan gabungan yang telah mempersiapkan kelancaran pelaksanaan Operasi Lilin 2022.

“Jika dilihat secara umum, semua yang sudah dipersiapkan oleh TNI dan Polri dinilai sudah siap dan diharapkan pelaksanaan pengamanan dapat berjalan lancar. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar seperti yang kita harapkan bersama,” ucapnya.

Baca juga : Jelang Nataru, AP II Aktifkan Posko Monitoring Di 20 Bandara

Pada pengamanan operasi ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, Polri bersama petugas gabungan menurunkan sebanyak 166 ribu personil. “Personil gabungan tersebut nantinya akan terbagi dalam 1.845 Pospam, 695 Posyan dan 85 Pos Terpadu. Kita harapkan seluruh pos yang digelar itu bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” kata Sigit.

Selain itu, Polri juga mengerahkan 330 unit kendaraan pendukung, seperti helikopter, kendaraan taktis Brimob, termasuk Turangga (Pasukan Berkuda), Pasukan Satwa K-9, dan SAR. Sigit menerangkan, semua dilakukan agar seluruh rangkaian libur Nataru akan berjalan maksimal. Pengamanan ini akan dilakukan agar kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun semuanya bisa berjalan dengan baik.

Baca juga : Manfaatkan Teknologi, PLN Raih Penghargaan Top Digital 2022

Terkait adanya potensi teror, Kapolri sudah memerintahkan seluruh jajaran, khususnya Densus 88 untuk mewaspadai dan mengambil langkah-langkah. Operasi Lilin 2022 akan dilaksanakan selama 11 hari, sejak 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.