Dark/Light Mode

Kerja Nyata, Sekjen LHK Didapuk Sebagai Birokrat Terbaik 2022

Sabtu, 24 Desember 2022 02:28 WIB
Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono (kanan) meraih Himpunan Alumni IPB Award 2022 Kategori Birokrat Terbaik. Foto: Dok. IPB
Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono (kanan) meraih Himpunan Alumni IPB Award 2022 Kategori Birokrat Terbaik. Foto: Dok. IPB

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono meraih penghargaan sebagai Birokrat Terbaik Tahun 2022.

Penghargaan itu diberikan oleh Himpunan Alumni (HA) IPB  di acara Malam Puncak DPP HA Award 2022 di IPB Convention Center, Bogor, Jumat (23/12) malam.

Dalam sambutannya, Bambang mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga  Himpunan Alumni (HA) IPB. 

"Penghargaan yang diberikan ini memacu saya untuk bisa terus berkontribusi nyata kepada bangsa dan negara," ujar Bambang.

Pria jebolan Doktor Ilmu Administrasi dari Universitas Brawijaya Malang ini mengatakan, bahwa menjadi birokrat adalah jalan hidupnya untuk mengabdi bagi bangsa dan negara. Di mana setiap orang, dan keluarga besar HA IPB memiliki peluang besar menjadi seorang birokrat.

Baca juga : Top, Ditjen Bina Marga Didaulat Jadi Pengelola SBSN Terbaik 2022

"Menjadi  birokrat itu haruslah menjunjung tinggi moral dan integritas selama bertugas," jelasnya.

Bambang mengungkapkan, sudah lebih dari 35 tahun mengabdi sebagai seorang birokrat. Ia berkomitmen memegang keteguhan integritas dan moral dalam melaksanakan pengabdiannya.

"Menjadi birokrat harus disiapkan sejak dini. Setiap orang yang ingin menjadi birokrat harus memiliki integritas tinggi," pesan Bambang.

Sekjen dua periode ini juga memberikan memotivasi kepada lulusan IPB. Menurutnya, semuanya memiliki perluang sama menjadi seorang birokrat asalkan menjunjung tinggi integritas dan moral.

Ia yakin kalau seluruh civitas IPB University memiliki potensi yang besar untuk menjadi seorang birokrat. "Kuncinya, di moral dan integritas," tegas Bambang.

Baca juga : Kinerja Cemerlang, Erick Thohir Didukung Maju Sebagai Cawapres Di Pemilu 2024

Di akhir sambutannya, Bambang menyampaikan terima kasih banyak kepada seluruh guru dan kepada HA-IPB dan seluruh panitia yang terlibat. Ia berpesan agar semua lulusan IPB selalu menjaga nama baik IPB di mana pun bertugas.

Sejumlah Prestasi Diraih 

Sejak tahun 2015, Bambang diangkat sebagai Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga saat ini.

Sebelumnya, pada 2012–2015, dia menjabat sebagai  Direktur Jenderal Bina Usaha Kehutanan, Kementerian Kehutanan dan pada 2012 Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Usaha Kehutanan Kementerian Kehutanan.

Sejumlah tanda jasa kehormatan telah diraihnya, yaitu Penghargaan MenPAN-RB tahun 2022 Top lima Kategori khusus, Penghargaan Pramuka Lencana Melati dari Presiden RI 2019, Penghargaan Unit Kearsipan Kementerian Terbaik Pertama (Anri Award), Penghargaan Top 40 dan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari MenPAN-RB 2019, Sistem Informasi Legalitas Kayu, MenPAN-RB 2018, Penghargaan Top 45 dan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik SIPUHH Online, MenPAN-RB tahun 2017, Penghargaan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Teladan (Top 9) Kementerian/Lembaga Tingkat Nasional (JPT Award 2017), MenPAN-RB Tahun 2017, dan Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI 2017.

Baca juga : Menteri Siti Tekankan Reformasi Birokrasi Tematik Di KLHK

Kemudian, Satyalancana Karya Satya 30 Tahun dari Presiden RI 2019, Penghargaan Sebagai Pegawai Negeri Sipil Teladan Atas Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya dari MenPAN-RB 2002, Kenaikan Pangkat Istimewa Sebagai Penghargaan Atas Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya dari Menteri Kehutanan 2004, Penghargaan Atas Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya dari Menteri Kehutanan 2002, serta Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun Presiden RI 2019.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkomitmen untuk melakukan reformasi birokrasi dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Sistem Informasi Penatausahaan Hasil Hutan (SIPUHH) yang hadir sebagai inovasi untuk memangkas birokrasi sekaligus sebagai alat kendali untuk mendorong dunia usaha kehutanan menjadi efisien, tertib dan taat aturan.

SIPUHH berhasil meraih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik berupa Outstanding Achievement of Public Service Innovation (OAPSI) 2022 khusus kategori khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.