Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmikan Bendungan Di Sumbawa, Jokowi Dorong Peningkatan Produktivitas Pertanian

Kamis, 29 Desember 2022 12:52 WIB
Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTB Zulkiflimansyah meresmikan Bendungan Beringin Sila. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTB Zulkiflimansyah meresmikan Bendungan Beringin Sila. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Beringin Sila yang terletak di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (29/12). Jokowi berharap keberadaan bendungan ini produktivitas pertanian di wilayah sekitar dapat meningkat dengan pesat.

“Kita harapkan di Kabupaten Sumbawa, khususnya yang dulunya mungkin bisa panen sekali, nanti para petani bisa panen dua kali atau tiga kali. Harapan kita, produktivitas pertanian di Provinsi Nusa Tenggara bisa meningkat secara drastis,” ujar Jokowi.

Baca juga : Ditemukan Pingsan Di Toilet, Indra Bekti Kena Pendarahan Otak

Eks Wali Kota Solo itu mengungkapkan, Bendungan Beringin Sila yang dibangun dengan anggaran Rp 1,7 triliun ini memiliki luas genangan 126 hektare. Bendungan ini mampu mengairi kurang lebih 3.500 hektare areal pertanian. Bendungan Beringin Sila ini akan mendukung ketahanan pangan dan air di Indonesia.

“Ini menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. Jadi ada return-nya pada masyarakat, kepada provinsi, dan juga kepada negara, utamanya untuk ketahanan air dan ketahanan pangan kita,” ujarnya.

Baca juga : Perbanyak Lapangan Kerja, Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Pengusahan Ciptakan Inovasi

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan, peresmian kali ini menjadikan Bendungan Beringin Sila sebagai bendungan yang ke-35 yang telah kita resmikan pemerintah sejak 8 tahun yang lalu.

“Di Provinsi Nusa Tenggara Barat ada enam bendungan, yang sudah kita resmikan tiga, ini yang keempat, masih ada dua lagi yang akan kita selesaikan insyaallah nanti tahun depan,” tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.