Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Hadi Tawarkan Solusi Sengketa Tanah Di Curahnongko Jember

Jumat, 6 Januari 2023 16:15 WIB
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengunjungi warga di Kabupaten Jember untuk menawarkan solusi sengketa tanah di Desa Curahnongko, Kabupaten Jember. (Foto: Ist)
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengunjungi warga di Kabupaten Jember untuk menawarkan solusi sengketa tanah di Desa Curahnongko, Kabupaten Jember. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah kunjungan kerja di Surabaya, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto langsung menuju Kabupaten Jember untuk menawarkan solusi sengketa tanah di Desa Curahnongko, Kabupaten Jember. Masalah pertanahan antara warga masyarakat deaa Curahnongko dengan PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN) sudah berlangsung kurang lebih 57 tahun, sejak 1965.

"Persoalan Curahnongko ini sudah berlangsung lebih dari 50 tahun. Makanya saya tidak main-main dalam menawarkan solusi sengketa ini. Saya membawa Wakil Menteri dan beberapa Dirjen dan pejabat tinggi ATR/BPN agar bisa melihat langsung lokasi,  berdiskusi mengenai alternatif solusi untuk warga Curahnongko dan PTPN XII," kata Menteri Hadi di Desa Curahnongko, Kabupaten Jember, Jumat (6/1).

Baca juga : Tuntas! Menteri Hadi Serahkan 390 Sertipikat Redistribusi Tanah Bekas PTPN Di Sukamakmur Jember

Menteri ATR/Kepala BPN mengungkapkan dirinya telah berkomunikasi dengan Direktur Utama PTPN III (Holding). Diapun memberikan skema penyelesaian Business to Business (B2B) dimana para petani melalui koperasi bekerja sama dengan PTPN XII dalam pengolahan tanah PTPN XII.

Terkait komoditi yang ditanam telah disepakati untuk dilakukan penanaman tebu. Menteri BUMN dan Direktur Utama PTPN III (Holding) tertarik dan menginginkan skema tersebut dapat dilaksanakan.

Baca juga : SWA Beri Apresiasi Digital Marketing & Customer Service Terbaik Di Indonesia

"Seluruh persoalan pertanahan tentu bisa diselesaikan. Kementerian ATR/BPN secara pro aktif mendorong solusi penyelesaian. Kami siapkan skema-skema dan alternatif penyelesaian yang bisa diterima semua pihak. Saya optimis, program reforma agraria Presiden Jokowi bertujuan mulia, ini yang terbaik untuk rakyat dan bangsa ini. Karenanta mari kita tuntaskan dengan solusi-solusi damai dan bermartabat," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.