Dark/Light Mode

BNPT Ajak ABPEDNAS Jaga Konsensus Bangsa Indonesia

Senin, 16 Januari 2023 20:34 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) mengajak masyarakat desa bersama-sama menjaga empat konsensus bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, saat menerima audiensi dengan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Indonesia di Jakarta pada Senin (16/1).

Menurut Kepala BNPT, semua anak bangsa termasuk di dalamnya masyarakat desa dapat bersama-sama menjaga nilai-nilai toleransi dan cinta Tanah Air untuk mencegah masuknya paham intoleran, radikalisme dan terorisme yang memecah belah bangsa.

Baca juga : Dubes RI Ajak Jurnalis China Pelesiran Ke Indonesia

“Masyarakat desa bersama-sama menjaga warisan pendiri bangsa terhadap 4 konsensus bangsa Indonesia. Jadi kita mengingatkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus menjunjung tinggi semangat berbangsa dan bernegara yang bertoleransi yang cinta terhadap NKRI,” ujarnya.

Kepala BNPT lebih lanjut menyampaikan ada lima langkah strategis BNPT dalam penanggulangan terorisme atau yang disebut sebagai vaksin anti teror. 

Kelimanya yakni transformasi wawasan kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai pancasila, moderasi dalam beragama, pelestarian akar kebudayaan bangsa dan transformasi pembangunan kesejahteraan.

Baca juga : Relawan Nilai Ganjar Tulus Jadi Capres Demi Majukan Indonesia

Untuk transformasi pembangunan kesejahteraan, Boy mengatakan hal ini memiliki persamaan dengan tujuan ABPEDNAS.

"Dari lima vaksin tersebut yang lebih dekat dengan tujuan desa saat ini yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, melalui hal ini ABPEDNAS bisa kita melakukan kerja sama, BNPT pada prinsipnya membuka ruang kepada organisasi / lembaga yang mempunyai tujuan bersama untuk menjaga NKRI," jelasnya.

Sementara itu Ketua Umum ABPEDNAS, Indra Utama meminta BNPT RI untuk dapat bekerjasama dengan pihaknya dalam rangka memberikan sosialisasi pencegahan radikalisme dan terorisme kepada pemuda di seluruh Indonesia.

Baca juga : Pesan STY Ke Timnas: Jangan Kecewakan Suporter Indonesia

"Kami berharap ada kegiatan seminar atau pembekalan kepada pengurus yang dipandu oleh BNPT RI, agar nantinya kami bisa melakukan pembekalan di sekolah-sekolah, dan di Kabupaten / Kota untuk membangun kecintaan pemuda terhadap Bangsa Indonesia," tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.