Dark/Light Mode

Genjot Rasio Elektrifikasi 99 Persen

Kementerian ESDM Dan PLN Kasih Sambungan Listrik Gratis Di NTT

Rabu, 14 Agustus 2019 12:32 WIB
Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko R Abumanan (kanan) bersama Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana secara simbolis menyalakan listrik di rumah warga di Kelurahan Sonrean, Kupang NTT. (Foto : Fazry/RM)
Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko R Abumanan (kanan) bersama Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana secara simbolis menyalakan listrik di rumah warga di Kelurahan Sonrean, Kupang NTT. (Foto : Fazry/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT PLN (Persero) terus melakukan penyambungan listrik gratis di desa-desa untuk mengejar target rasio elektrifikasi 99 persen sampai akhir tahun ini.

Salah satunya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menjadi salah satu wilayah yang sedang digalakkan percepatan listrik desanya. 

Yang terbaru, bersama PT PLN (Persero) Kementerian ESDM meresmikan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL), atau sambungan listrik gratis bagi Rumah Tangga (RT) yang belum teraliri listrik di Kelurahan Sonraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, NTT.

Secara simbolis, peresmian dilakukan oleh Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dengan penyalaan sambungan listrik di tiga rumah tangga kurang mampu di Kelurahan Sonraen.

Sambungan listrik gratis bagi rumah tangga tak mampu ini merupakan program dari Badan Usaha Sektor ESDM, Kementerian ESDM Peduli (pegawai KESDM), Corporate Social Responsibility (CSR) PT. PLN (Persero), One Man One Hope PLN, sinergi BUMN dan Pemda, untuk membantu biaya penyambungan listrik.

Baca juga : Pengrajin Tenun Di Kelurahan Sonraen Happy Dapat Sambungan Listrik Gratis

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, dalam arahannya di Kelurahan Sonraen, Rabu (14/8/2019) menyatakan kegembiraannya bisa bertatap muka langsung dengan warga penerima bantuan listrik.

Menurut Rida, 74 tahun Kemerdekaan RI, ternyata masih banyak warga yang belum menikmati listrik. Pemerintah hadir dalam bentuk dukungan ke warga untuk ikut menikmati listrik.

Dijelaskan, penerima sambungan listrik gratis yang bersumber dari sumbangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian ESDM total ada sebanyak 2.500 RT, dengan rincian 1.250 RT di NTT dan 1.250 RT di NTB.

"Yang dilakukan di NTT ini merupakan bentuk kepedulian dari Pak Menteri ESDM Ignasius Jonan. Pak menteri meminta para pegawainya untuk menyisihkan sebagian penghasilan kami untuk berbagi kepada sodara yang belum bisa menikmati listrik. Dana yang terkumpul inilah kemudian digunakan untuk pembiayaan sambungan listrik gratis untuk sekitar 2.500 rumah," ungkap Dirjen Rida.

Saat ini ada 1.000 kepala keluarga sedang on progress pemasangan dan 250 dalam proses usulan, yang sebarannya meliputi : Kabupaten Kupang: 297 RTS, Kabupaten Alor : 70 RTS, Kabupaten Sikka : 412 RTS, Kabupaten Flores Timur : 19 RTS, Kabupaten Lembata: 202 RTS yang direncanakan selesai pada 16 Agustus 2019, lalu usulan 250 di Sumba meliputi Sumba Timur 112 RTS,  Sumba Barat 7 RTS, dan Sumba Barat daya 131 RTS.

Baca juga : PLN Manfaatkan Listrik Tenaga Surya Di Pulau Terpencil

Berdasarkan data dari Basis Data Terpadu (BDT) TNP2K jumlah rumah tangga miskin yang teralokasi mendapat bantuan sambungan listrik gratis sebanyak 254.924 RT, dimana saat ini telah terpasang 11.000 RT di NTT melalui program CSR PLN.

"Info yang kami dengar, masyarakat di desa ini mampu untuk bayar listrik bulanan. Tapi untuk biaya sambungan listriknya yang agak berat Rp 1 juta. Pemasangan ini yang kami dukung," ungkap Dirjen Rida.

Merdeka Dari Kegelapan

Ditegaskan, program sambungan listrik gratis ini bukan untuk menjadi pahlawan, tapi bentuk kepedulian Menteri ESDM sebagai kado di HUT RI ke 74 dengan sisihkan pendapatan para ASN untuk berbagi ke daerah.

Rida mengakui, pemilihan di Kabupaten Kupang karena menteri ESDM sangat peduli ke NTT. Listrik merupakan jalan menuju sejahtera. Untuk itu kata dia, Kementerian ESDM bersama PLN memiliki  kepedulian sosial bagi warga yang belum menikmati listrik.

Baca juga : PLN Sukses Terangi Desa Umera Di Pulau Gebe

"Ini baru 1.250 dari ASN Kementerian ESDM tapi ada juga CSR PLN berikan bantuan. Harapannya, dengan adanya bantuan ini semakin banyak warga yang bisa menikmati listrik. Saya minta 1.000 yang lagi on pemasangannya, sebelum 17 Agustus dipastikan sudah terpasang dan dinyalakan untuk warga agar bisa merdeka dari kegelapan," katanya.

Turut mendampingi Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM  Rida Mulyana, Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan pada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Ir. Jisman P. Hutajulu, Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN, Djoko R. Abumanan.

Hadir juga Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM,  E. Widyo Sunaryo, General Manager PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko, Kadis ESDM Prov NTT Jusuf Adoe. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.