Dark/Light Mode

Antisipasi Kebakaran Rumah

Cabut Colokan Listrik dan Gas Sebelum Mudik

Senin, 3 Juni 2019 06:32 WIB
Antisipasi Kebakaran Rumah Cabut Colokan Listrik dan Gas Sebelum Mudik

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat mudik Lebaran, kerap terjadi kebakaran rumah. Masalahnya sepele. Misalnya, tidak mencabut semua peralatan listrik sehingga terjadi korsleting. Begitu juga kompor gas, ditinggal begitu saja.

Tidak dicabut selangnya, sehingga hal-hal seperti ini berpotensi menimbulkan kebakaran. Hendaknya ini menjadi pelajaran penting bagi semua pemudik yang meninggalkan rumahnya masing-masing.

Jangan sampai saat pemudik kembali ke Jakarta dari kampung halaman, rumahnya sudah kebakaran. Untuk itu, Warga Jakarta yang mudik Lebaran diingatkan agar meninggalkan rumah dalam konsisi semuanya aman. Pastikan peralatan listrik maupun tabung gas dalam kondisi aman.

Baca juga : Hanwha Life Bagikan Asuransi Gratis Selama Mudik

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo mengimbau warga meningkatkan kehati-hatian, terutama memperlakukan alat kelistrikan, karena penyebab utama kebakaran rumah karena listrik.

“Kalau bisa yang alat elektronik dicopotin begitu,” jelasnya. Dia mengaku sudah melakukan sosialisasi ke warga dalam berbagai bentuk, seperti memberitahu langsung ke warga.

Adapula sosialisasi iklan kerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik), juga menyebar brosur.

Baca juga : BPH Migas Minta Pertamina Tambah Pasokan BBM Di Tol Trans Sumatera

“Semua media kami pakai, bisa juga kami ke bawah keliling atau ada rapat pengajian sekalian. Soalnya (kebakaran) biasa tiap hari kan kadang bisa tiga kali (sehari),” terang Subejo.

Lewat upaya sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat Jakarta dapat terlatih dan lebih waspada terhadap penggunaan listrik yang sembarangan. Sebab, selama ini dirinya masih menemukan pelanggaran kaidah keselamatan penggunaan listrik.

Subejo memaparkan beberapa tips agar rumah aman saat mudik. Pertama, mencabut semua colokan listrik dan gas. Sebab, korsleting listrik seringkali menjadi penyebab terjadinya kebakaran rumah.

Baca juga : Kado Lebaran, Harga Rumah Di Papua Naik Paling Tinggi

“Sebelum mudik, periksa dan matikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah. Setelah itu, cabut semua colokan yang masih terpasang di stop kontak. Serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran,’’ paparnya.

Kedua, laporkan pada RT dan Satpam setempat bahwa rumah ditinggal mudik. Dengan begitu, Satpam bisa membantu dengan lebih mengawasi rumah yang ditinggal mudik setiap harinya. Laporkan juga pada RT setempat bahwa rumah kosong, sehingga jika ada sesuatu yang terjadi bisa dengan segera dicegah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.