Dark/Light Mode

Sinergi BUMN Gelar Pangan Murah Hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Selasa, 26 Maret 2019 17:34 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) saat memberikan sumbangan renovasi untuk Masjid Jami Nurul Huda, yang merupakan ba PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Senin (26/3). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) saat memberikan sumbangan renovasi untuk Masjid Jami Nurul Huda, yang merupakan ba PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Senin (26/3). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah BUMN kembali bersinergi menggelar berbagai rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke- 21 di Bekasi, Jawa Barat,  Selasa (26/3). Kegiatan sinergi BUMN itu antara lain meliputi penyambungan listrik gratis, penjualan paket pangan murah, serta bersih-bersih lingkungan yang diisi dengan penanaman pohon dan program memilah sampah.

Menteri BUMN Rini M Soemarno hadir dalam acara tersebut, ditemani jajaran deputi Kementerian BUMN dan sejumlah direksi Kementerian BUMN. Dalam kegiatan penjualan pangan murah, BUMN bersinergi menjual paket pangan murah yang terdiri dari penjualan solar serta penjualan paket makanan yang berisi berisi beras, gula, garam, minyak goreng dan sarden dengan harga Rp 10.000 per paket.

Baca juga : Menteri Rini Ikut Berbagi Pangan Murah Untuk Masyarakat Brebes

Upaya mengajak masyarakat memakai transaksi nontunai, transaksi penjualan paket bahan pangan murah dan solar murah tersebut menggunakan LinkAja. Sementara dalam mendukung kebersihan lingkungan, BUMN bersinergi mengadakan kegiatan “Bersih-bersih kampung sehat” yang melibatkan 300 warga Kecamatan Mustika Jaya, dan berkolaborasi dengan 200 milenial BUMN.

Dalam kegiatan tersebut, Menteri Rini dan sejumlah direksi BUMN juga melakukan penanaman 50 pohon mangga di sekitar lokasi. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk turut memberikan bantuan renovasi Masjid Jami Nurul Huda dan tong sampah ke warga kecamatan Mustika Jaya. Total nilai bantuannya senilai Rp 100 juta.

Baca juga : Menteri Rini Resmikan 2 RMU di Pamarican dan Jamanis

“Terima kasih kepada BUMN-BUMN yang hari ini ikut berbagi bersama-sama di Kota Bekasi. Saya terus menekankan tentang pentingnya berbagi dengan masyarakat. Sebab, dalam menjalankan karyanya, BUMN tidak semata-mata mengejar keuntungan. Lebih dari itu, BUMN juga harus terus membantu masyarakat, melalui program-program yang secara nyata mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Menteri Rini.

Setelah melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, Menteri Rini mengikuti kegiatan memilah sampah, yang merupakan Program Bank Sampah “The Gade Clean and Gold”  PT Pegadaian (Persero) di Kelurahan Bojong Rawa Lumbu, Kecamatan Rawa Lumbu.

Baca juga : BUMN Buka Peluang Magang Bersertifikat Bagi 9.000 Mahasiswa

Program Bank Sampah mengajak masyarakat untuk belajar memilah sampah, serta menukarkan sampah yang sudah dipilah untuk dikonversi, dan diperhitungkan nilainya dalam bentuk rupiah. Uang tersebut akan disetorkan ke tabungan emas milik Perum Pegadaian. Sedangkan sampahnya, akan didaur ulang oleh Bank Sampah.

Program ini diharapkan dapat mengurangi dampak sampah bagi lingkungan. Selain itu,  masyarakat juga diharapkan dapat lebih sejahtera karena sumber penghidupannya bertambah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.