Dark/Light Mode

Indeks Kepuasan Kudu Meningkat

Pemerintah Pastikan Kesiapan Layanan Haji

Kamis, 2 Februari 2023 07:50 WIB
Deputi Bidang Peningka­tan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kemenko PMK War­sito. (Foto: Antara/Rizka Khaerunnisa)
Deputi Bidang Peningka­tan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kemenko PMK War­sito. (Foto: Antara/Rizka Khaerunnisa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan aman. Indeks kepuasan jemaah haji 2023 harus meningkat.

Deputi Bidang Peningka­tan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kementerian Koordinator Bidang Pem­bangunan Manusia dan Kebu­dayaan (Kemenko PMK) War­sito meminta perhatian pihak yang terlibat untuk meningkat­kan koordinasi dan memastikan kesiapan pelaksanaan haji sesuai tugas dan kewenangannya.

Khususnya, Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Perhubungan (Ke­menhub). Juga, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kemen­terian Hukum dan HAM (Ke­menkumham) serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

Baca juga : Apel Kesiapan Operasional Penuh, PAM Jaya Pastikan Layanan Air Perpipaan Aman

“Mengingat pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama sudah akan dimulai pada 24 Mei 2023 dan puncak pelaksanaan ibadah haji pada 27 Juni 2023,” ujar Warsito, saat rapat koordi­nasi persiapan sarana, prasarana dan layanan untuk jemaah haji tahun 2023.

Menurutnya, kuota jemaah haji Indonesia pada 2023 sebanyak 221 ribu orang. Dari jumlah itu, 61 ribu orang antara lain jemaah lansia. Untuk itu, perlu dilakukan penyiapan yang baik sedini mungkin.

Beberapa aspek layanan yang perlu dipersiapkan. Antara lain, pemetaan data jemaah haji yang akan berangkat, pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji, kesiapan transportasi udara, asrama haji dan bimbingan ma­nasik haji.

Baca juga : Mentan Pastikan Ketersediaan Beras Januari Hingga Maret Aman

Sementara, layanan jemaah haji di Arab Saudi terkait dengan penyediaan akomodasi, kater­ing dan pengaturan transportasi serta mobilitas jemaah haji In­donesia.

Warsito memberikan peng­hargaan setinggi-tingginya ke­pada semua pihak atas capaian pelaksanaan ibadah haji pada 2022. Saat itu, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia mencapai 90,45 persen.

“Seluruh jemaah haji merasa sangat puas atas pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.