Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BNPT Dan CECF Jajaki Kerja Sama Cegah Ekstremisme Global Melalui Moderasi Dan Diplomasi Agama

Kamis, 2 Februari 2023 19:09 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) menerima kunjungan Imam Mohamad Bashar Arafat Founder & President Civilizations Exchange & Cooperation Foundation (CECF).

Kunjungan ini bertujuan agar BNPT dan CECF dapat saling bertukar best practices, terutama dalam hal penguatan moderasi dan diplomasi agama guna mencegah ekstremisme global.

"Dalam program penguatan moderasi beragama, kami telah membentuk Satgas Pemuka untuk mensosialisasikan nilai-nilai toleransi. Kami bekerja sama dengan Kementerian Agama," ujar Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Nissan Setiadi, saat memimpin pertemuan, di Jakarta, pada Kamis (2/2).

Baca juga : Indonesia-Malaysia Jajaki Kerja sama Moderasi Beragama

Nissan mengapresiasi kehadiran CECF, ada peluang kerja sama yang baik dalam pencegahan ekstremisme.

"Saya mengapresiasi kehadiran CECF, kita bersama cegah ekstremisme," ucapnya.

Sementara, Imam Mohamad Bashar menjelaskan jika kelompok ekstremis dapat berasal dari semua agama dan menjelaskan bagaimana diplomasi agama berperan.

Baca juga : BRI & OPPO Kerja Sama Pembiayaan Dan Solusi Digital

"Diplomasi agama berperan dalam menjangkau orang-orang dari berbagai kepercayaan, budaya, kebangsaan, dan etnis karena sejatinya kelompok ekstremis dapat berasal dari siapa saja," jelasnya.

Menurutnya, Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda agar dapat memahami satu sama lain, Dia pun mengajak semua orang untuk memperkuat ideologi dan mentalitas kebersamaan.

Dalam kesempatan itu, Mohamad turut mengundang BNPT untuk melihat langsung bagaimana penanggulangan terorisme di Amerika berjalan.

Baca juga : PTPN III Perkuat Daya Saing Bisnis Kelapa Sawit Indonesia Dan Malaysia

"Kami mengundang anda untuk melihat bagaimana penanggulangan terosime di Amerika berjalan, saya juga akan membawa anda mengunjungi School of Religion Diplomacy di sana," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.