Dark/Light Mode

Perkuat Ekosistem Ekonomi Haji, Ditjen PHU Kemenag Dan KJRI Jeddah Gelar Indonesian Hajj Expo 2022

Jumat, 3 Februari 2023 07:50 WIB
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, saat acara Indonesian Hajj Expo 2023, di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (3/2/2023). (Foto: Humas Kemenag)
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, saat acara Indonesian Hajj Expo 2023, di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (3/2/2023). (Foto: Humas Kemenag)

 Sebelumnya 
Ada juga aneka macam bumbu pasta, mulai dari bumbu semur, bumbu kuning, bumbu Lombok ijo, bumbu gulai, bumbu pindang, bumbu asam manis, bumbu balado, bumbu rica dan bumbu tongseng.

Masih soal penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag meminta masyarakat melaporkan indikasi kecurangan dalam proses seleksi Calon Petugas Haji (CPH) 1444 Hijriah/2023 Masehi.

“Arahan Menteri Agama, tidak menolerir adanya praktik transaksional dan kecurangan dari oknum tidak bertanggung jawab,” tugas Inspektur Jenderal Kemenag, Faisal Ali Hasyim di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Kelima Kali, Kementerian Investasi Hadirkan Paviliun Indonesia Di WEF 2023

Faisal mengatakan, Inspektorat Jenderal berkomitmen memasti­kan, proses rekrutmen calon petugas haji 1444H/2023M berjalan transparan, adil, dan akuntabel.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah mengarahkan Itjen Kemenag mengawal semua tahapan penyelenggaraan haji. Hak itu agar ibadah haji berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

Menurut Faisal, ini salah satu rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasar kajian penyelenggaraan haji tahun sebelumnya. Salah satu­nya, menyelenggarakan proses rekrutmen petugas haji dengan optimal dan transparan.

Baca juga : Pesan Natal Menteri Siti : Kita Bangkit Dan Berkarya Untuk Indonesia Maju

“Semua proses layanan publik pada Kementerian Agama didorong digitalisasi. Untuk itu, proses rekrutmen haji juga dioptimalkan dengan teknologi informasi,” jelasnya.

Dengan adanya optimalisasi teknologi informasi ini, kata dia, tidak ada kontak fisik antara asesor dan calon petugas haji.

Proses rekrutmen diharapkan benar-benar berjalan sesuai peraturan dan dapat menghasilkan petugas haji yang kompeten. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.