Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BNPT dan LVRI Bersinergi Tanamkan Nilai Juang 1945 Buat Generasi Muda

Rabu, 15 Februari 2023 20:34 WIB
Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono. (Foto: Humas BNPT)
Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono. (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melihat pentingnya menanamkan jiwa, semangat dan nilai Juang 1945 kepada generasi muda Indonesia.

Semangat dan nilai-nilai Juang 1945 tersebut yang selama ini telah digaungkan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) diharapkan sejalan dengan program transformasi kebangsaan BNPT dalam rangka mencegah masuknya paham radikal terorisme kepada generasi muda.

"Kita dapat menyinergikan program BNPT RI dan LVRI dalam rangka pencegahan radikalisme dan terorisme melalui penanaman semangat, jiwa dan nilai-nilai Juang 1945 dengan semangat transformasi kebangsaan kepada generasi muda," ungkap Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono, saat menerima Audiensi LVRI, di Jakarta pada Rabu (15/2).

Baca juga : Gandeng Citic Seram Energy, SKK Migas Temukan Cadangan Gas

Sestama BNPT menambahkan, generasi muda Indonesia yang kerap menjadi target utama propaganda ideologi radikal terorisme seharusnya dapat memaknai bahwa kemerdekaan yang dinikmati sekarang merupakan hasil jerih payah pengorbanan seluruh pendahulu bangsa.

"Generasi muda harus dapat memaknai bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini bukanlah sebuah hadiah tapi merupakan hasil jerih payah perjuangan seluruh bangsa Indonesia yang bersatu. Jangan sampai generasi muda justru malah membenci/melawan bangsanya sendiri karena terpapar paham radikal intoleran dan terorisme," ingatnya.

Jika pemaknaan perjuangan kemerdekaan diharapkan menjadi sumber motivasi, semangat dan kemauan generasi muda untuk bersatu padu membangun bangsa Indonesia dan bebas dari ancaman radikalisme terorisme yang tidak sejalan dengan ideologi Pancasila.

Baca juga : Diramal Bersinar, Anak Ronaldinho Gabung Ke Barcelona

Sementara itu, Kepala Departemen Pewarisan Nilai Juang 45 Mayjen TNI Marinir (Purn) Nono Sukarno berharap LVRI dapat berkontribusi di dalam program BNPT RI untuk membekali anak-anak muda dengan nilai perjuangan dalam melawan radikalisme.

"Kami membekali dan menanamkan nilai juang 1945 kepada generasi muda agar mereka dapat menghadapi dan menyelesaikan masalah bangsa (radikal intoleran dan terorisme)," jelasnya.

Dalam audensi ini, BNPT dan LVRI nantinya akan bekerjasama dalam hal sosialisasi dan pendidikan nilai-nilai juang 1945 kepada generasi muda dalam kegiatan Dialog Kebangsaan dan Warung NKRI (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI).

Baca juga : MotoGP 2023, Gresini Janjikan Balapan Menarik

Sebelumnya BNPT dan LVRI telah meneken Nota Kesepakatan Bersama dalam rangka pencegahan radikalisme dan terorisme di Jakarta pada 8 Agustus 2022 lalu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.