Dark/Light Mode

Pilkada Kota Yogyakarta

Beringin Siap Usung Kader Muhammadiyah

Senin, 2 Januari 2023 07:50 WIB
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Afnan Hadikusumo. (Foto: Istimewa)
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Afnan Hadikusumo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa calon Wali Kota Yogyakarta di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mulai semarak. Teranyar, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Yogyakarta menegaskan, bakal mengusung anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Afnan Hadikusumo pada gelaran Pilkada mendatang.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Yogyakarta, Agus Mulyono mengatakan, pihaknya siap men­gusung tokoh Muhammadiyah yang juga Anggota DPD, Afnan Hadikusumo pada gelaran Pilkada 2024.

Ia meyakini, keputusan Partai Golkar Kota Yogyakarta, men­gusung Afnan akan mendong­krak perolehan suara dan jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Pemilu Legislatif (Pileg) mendatang.

Baca juga : Wakil Ketua KPK: OTT Nggak Bikin Kapok, Koruptor Sudah Pelajari Polanya

“Di Pemilu 2024 nanti, kami bertekat meningkatkan perolehan jumlah kursi Dewan. Targetnya, dari empat menjadienam kursi di DPRD Kota Yogyakarta. Karenanya, kami mendukung Afnan Hadikusumo untuk maju sebagai Calon Wali Kota Jogyakarta,” ujar Agus di sela audiensi Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Jogyakarta dengan DPD Partai Golkar, akhir pekan lalu.

Namun begitu, sambung dia, pencalonan Afnan sebagai Wali Kota Yogyakarta, masih menunggu perolehan kursi Partai Golkar di Pileg mendatang. Sebab, pengusungan bakal calon kepala daerah ditentukan oleh perolehan kursi, hasil Pileg 2024.

Selain mengusung Afnan di Pilkada Kota Yogyakarta 2024, sambung dia, pihaknya juga telah menentukan sikap untuk mendu­kung kader Muhammadiyah, yaitu Ahmad Syauqi sebagai calon DPD di Pileg 2024. Menurutnya, kedua keputusan itu didasarkan pada kedekatan dan kesamaan perjuangan Partai Golkar dengan Muhamadiyah.

Baca juga : Partai Buruh Usul Kampanye 6 Bulan

“Ini keputusan partai. Jadi, akan diikuti oleh seluruh kader. Kami memiliki banyak kesamaan den­gan Muhammadiyah, dan men­dukung kader Muhammadiyah di kancah politik itu bukan hal baru bagi Golkar,” tegas Dosen Universitas Janabadra ini.

Dalam kesempatan yang sa­ma, Senato dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Afnan Hadikusumo mengakumengapresiasi dukungan Partai Golkar terhadap dirinya. Namun, ia belum mau bicara banyak tentang pencalonanya di Pilkada 2024, karena kader Muhamadiyah tidak boleh me­minta-minta jabatan, serta harus menjaga amanah dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Sebagai kader Muhammadiyah, kami selalu diajari agar tidak boleh meminta-minta jabatan. Tapi, ketika diberikan amanah, kami juga tidak boleh menolaknya. Artinya, ketika diberi amanah, ya bismislah. Jaga amanah dengan baik dan penuh tanggung jawab,” kata Afnan.

Baca juga : Raih Peringkat Ketiga, Kroasia Langsung Bicara Piala Eropa 2024

Selain itu, Ilia pun mengakui adanya kedekatan dan kesamaan perjuangan Partai Golkar dengan Muhammadiyah. “Saya men­gapresias pengurus Golkar Kota Yogyakarta yang telah mendukung untuk maju dipemilihan Wali Kota. Kami memiliki kesamaan visi, utamanya dalam menjadikan Kota Jogja lebih baik,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.