Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri LHK Dukung Inovasi Pangdam III Siliwangi Atasi Sampah

Kamis, 16 Februari 2023 23:31 WIB
Menteri LHK), Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo di Manggala Wanabakti, Jakarta (16/2).
Menteri LHK), Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo di Manggala Wanabakti, Jakarta (16/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI, Kunto Arief Wibowo. 

Pertemuan dilakukan di Manggala Wanabakti, Jakarta (16/2). Pada pertemuan ini, Menteri Siti berdiskusi dengan Pangdam Siliwangi dalam rangka dukungan implementasi program lingkungan dan kesejahteraan masyarakat melalui agenda ekonomi sirkuler pengelolaan sampah. 

Baca juga : Menkop Teten Dukung Kolaborasi Kawasan Khusus Perdagangan Bagi UMKM Di Cikarang

Pangdam Siliwangi dan tim kerjanya telah menghasilkan sistem pemanfaatan sampah menjadi briket untuk bahan bakar dengan penggunaan mesin hasil buatan masyarakat lokal.  

Menteri Siti secara seksama mengamati dan mendalami kekhususan teknologi hasil kreasi Kodam Siliwangi. Dirinya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas inovasi yang bermanfaat tersebut.

Baca juga : Menteri LHK: Untuk Karbon Biru, Kolaborasi Kerja Sangat Penting

Selanjutnya, Siti memberikan arahan sebagai langkah lanjutan agar inovasi tersebut dapat dimanfaatkan dalam agenda penanganan sampah dalam pola kerja lingkungan pemukiman di ibu kota kecamatan.

Siti menyampaikan, terhadap semua proses hulu-hilir atau fokus pada perlatan mesin yg digunakan bisa dilakukan pengurusan hak paten. Kemudian peralatan mesin tersebut merupakan teknologi tepat guna, bisa di scale up dan bisa dimasukan pada E-katalog untuk pengadaan barang dan jasa bagi publik.

Baca juga : Banteng Kekeh Dukung Sistem Pemilu Tertutup

Lebih lanjut, inovasi Kodam Siliwangi dan tim akan diperkaya dalam workshop yang direncanakan pada Maret 2023, termasuk inovasi-inovasi lain yang tengah berkembang di berbagai daerah.

Selain itu, keduanya juga berdiskusi terkait progress  penanganan sampah dan limbah di Citarum. Menteri Siti berharap, pengalaman di sungai Citarum dapat menjadi model penanganan pencemaran air sungai untuk  seluruh Indonesia.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.