Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

114 Sekolah Di Jakarta Terima Ratusan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5

Jumat, 17 Februari 2023 17:59 WIB
Foto: Humas Kemendikbudristek.
Foto: Humas Kemendikbudristek.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 114 sekolah jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) menjadi lokasi penempatan mahasiswa program Kampus Mengajar angkatan 5 pada tahun ini. Ada 467 mahasiswa yang akan ditugaskan di 114 satuan pendidikan di berbagai wilayah di DKI Jakarta.

Mereka mendapatkan tugas untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa serta membantu proses pembelajaran dan manajerial sekolah sesuai dengan kebutuhan di sekolah penempatan.

Salah satu mahasiswa program Kampus Mengajar angkatan 5, Hilal Dwi Cahyo, mengatakan dirinya termotivasi untuk mengikuti program ini karena relevan dan linier dengan jurusannya.

Baca juga : Mendag Zulkifli Hasan: Indonesia Siap Bantu Penanganan Gempa

Hilal adalah mahasiswa semester 6 jurusan Pendidikan Guru SD di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Menurutnya, dengan menjadi peserta program Kampus Mengajar, ia mendapatkan tempat magang untuk belajar dan mengajar serta mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Ia juga sudah sering mendengar pengalaman bagus dari teman-teman yang sudah mengikuti Kampus Mengajar di angkatan sebelumnya.

"Saya pikir ini bagus berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang ikut Kampus Mengajar angkatan 4. Menurut mereka, kehadiran mereka itu benar-benar diperlukan untuk membantu sekolah dalam meningkatkan literasi dan numerasi, dan ilmu yang dipelajari di kuliah bisa dipakai di SD,” tutur Hilal.

Baca juga : Gelisah, Ganjar Minta Rencana Penghapusan Tenaga Honorer Benar-benar Dikaji

Hal ini disampaikannya saat acara Pelepasan Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 5, di kantor Balai Peningkatan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi DKI Jakarta, Jumat (17/2).

Ia berharap, kehadirannya dan teman-teman Kampus Mengajar angkatan 5 bisa berkontribusi dengan baik dan sesuai dengan tujuan, yaitu untuk meningkatkan literasi dan numerasi.

Hilal menambahkan, ia dan kelompoknya juga akan fokus untuk meningkatkan wawasan peserta didik mengenai pengenalan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Hilal dan empat temannya akan bertugas sebagai mahasiswa Kampus Mengajar di SDN Grogol Utara 13 Pagi, Jakarta Selatan.

Baca juga : Banjir Di 4 Negara Bagian Malaysia, Hampir 14 Ribu Orang Ngungsi

Mereka sudah pernah berkunjung ke sekolah tersebut dan berdiskusi dengan kepala sekolahnya untuk merencanakan program di awal masa penempatan.

"Lumayan, jadi sudah terbayang. Misalnya kemarin kepala sekolah memberitahu kalau di sana kurang tenaga pendidik karena ada beberapa guru yang mau masuk usia pensiun, jadi kita bisa fokus membantu pembelajaran bagi guru-guru yang membutuhkan," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.