Dark/Light Mode

Hadiri Inaugural Centinel Counter Terrorism Forum

Kepala BNPT Ungkap Pentingnya Wawasan Kebangsaan dan Literasi Digital

Sabtu, 18 Februari 2023 14:13 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Ist)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar menyampaikan pentingnya penanaman kurikulum wawasan kebangsaan dengan menggandeng instansi terkait.

Juga, meningkatkan pengetahuan literasi digital, dan melakukan monitoring terhadap persebaran konten yang bermuatan negatif termasuk muatan radikalisme.

"Tiga faktor yang perlu menjadi perhatian serius terhadap isu tersebut, yaitu penceramah, sekolah dan literasi " ujarnya pada saat menjadi pembicara, di Inaugural Centinel Counter Terrorism Forum, yang diselenggarakan Lembaga Riset Centinel Singapura.

Baca juga : BNPT Gaungkan Semangat Nasionalisme Kebangsaan

Boy juga menyampaikan perlunya memberikan penguatan moderasi agama kepada para penceramah, untuk mengoptimalkan upaya pencegahan dalam aksi Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan Yang Mengarah Terorisme (RAN-PE).

Mantan Kapolda Papua itu mengungkapkan, best practices terkait bagaimana melakukan pencegahan terhadap potensi adanya penceramah dan literasi yang mengandung ajakan radikal terorisme.

Hal itu ditegaskan Boy Rafli, di hadapan pembicara dari sejumlah negara sahabat, seperti Head of Special Branch of Police dari Bangladesh, Malaysia, Filipina.

Baca juga : BNPT Perkuat Wawasan Kebangsaan Mahasiswa

Juga dari Badan PBB seperti UNOCT dan UNODP, serta peserta yang hadir dari mulai pejabat pemerintah, akademisi, dunia bisnis dan lembaga riset lainnya.

Dalam lawatannya di Singapura, Boy juga melakukan pertemuan dengan Minister of Home Affairs and Law Singapura, K. Shamungam.

Di dalam pertemuan ini dibahas terkait pertukaran informasi, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan terorisme baik di dalam negeri maupun di kawasan.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan Pentingnya Membangun Wawasan Kebangsaan

Pertemuan dilanjutkan dengan sejumlah mitra mitra kerja BNPT, di Singapura yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam menjamin keamanan bersama terkait penanggulangan terorisme. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.