Dark/Light Mode

Generasi Indonesia Mampu Berdaya Saing Internasional

Minggu, 26 Februari 2023 07:50 WIB
Ilustrasi Indonesia Emas 2045. (Foto: Istimewa/freepikcom)
Ilustrasi Indonesia Emas 2045. (Foto: Istimewa/freepikcom)

 Sebelumnya 
Rasa kebersamaan tersebut harus dibangun atas dasar rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa.

Cara pandang yang berwa­wasan nusantara bahwa ikatan nilai-nilai kebangsaan yang selama ini terpatri kuat dalam kehidupan bangsa Indonesia sebagai perwujudan dari rasa cinta Tanah Air, bela negara dan semangat patriotisme bangsa, perlu kita tingkatkan bersama.

Nilai-nilai budaya gotong royong, kesediaan untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan serta kerelaan berkor­ban untuk kepentingan bangsa harus melekat dalam generasi Indonesia.

Keempat, untuk menjadi generasi Indonesia yang ber­daya saing di tingkat global, kita mesti memiliki rasa kebangsaan, seperti memiliki kesadaran ber­bangsa dan bernegara yang tumbuh alamiah karena adanya kesamaan budaya, sejarah, dan aspirasi perjuangan.

Baca juga : Cetak Generasi Unggul Dan Berkualitas, Santri Dukung Ganjar Banten Ajak Santri Kembangkan Skill Menjahit

Kualitas rasa kebangsaan generasi Indonesia dipengaruhi oleh faktor internal dan ekster­nal. Faktor internal, misalnya mental intelektual kebangsaan, dan faktor eksternal seperti politik dan budaya.

Kemudian, mental kebangsaan, yang memuat nilai-nilai manusiawi, yaitu peduli terhadap masa depan bangsa dan mencintai generasi penerus bangsa.

Setiap generasi Indonesia harus bertanggung jawab terhadap masa depan bangsanya dan kemajuan di dunia inter­nasional.

Selanjutnya, generasi Indo­nesia harus mampu menghadirkan kreasi dan inovasi untuk memikirkan dan menemukan solusi terbaik bagi permasala­han bangsa, dan selalu berpikir jernih yang berorientasi kepada nasionalisme dan internasionalisme.

Baca juga : Belajar Di Indonesia, Berdaya Saing Dunia

Untuk bersaing di kancah in­ternasional, generasi Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan sangat erat berkaitan dengan sikap anak bangsa terhadap Tanah Air yang dipandang se­bagai tumpah darah, sebagai identitas kebangsaannya, dan sebagai representasi dari negara bangsa.

Dalam membangun generasi Indonesia yang mampu berdaya saing global dibutuhkan kemam­puan lebih dalam beradaptasi, kompetitif, menguasai ilmu-ilmu kontemporer, mengembang­kan soft skill dan hard skill untuk membangun interaksi regional maupun global.

Sehingga generasi Indone­sia mampu berperan dalam transformasi di berbagai sektor, dan dapat menopang dalam hubungan interaksi antar manusia, sehingga mampu berakselerasi dalam berbagai transformasi.

Kesamaan budaya, seja­rah dan aspirasi perjuangan seperti disebutkan di atas telah menempatkan bangsa Indonesia secara alami sebagai komunitas budaya, komunitas sejarah dan komunitas aspirasi perjuangan yang sama.

Baca juga : Thomas Doll Ogah Bicara Peluang Persija Juara

Hal itu harus dihayati sebagai suatu kepastian bersama untuk kemajuan di dunia, sehingga generasi Indonesia mampu ber­daya saing global. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.