Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BNPT Ajak 7 K/L di Bawah Kemenko Marves Dalam Konsep Pentahelix Penanggulangan Terorisme

Rabu, 1 Maret 2023 20:23 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Bangbang Surono mengajak 7 Kementerian/Lembaga di bawah naungan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) untuk bersinergi bersama-sama dalam memerangi paham intoleransi.

Salah satunya, dengan mengimplementasikan grand strategi Pentahelix penanggulangan terorisme, di mana BNPT sebagai koordinator dalam pencegahan terorisme menggandeng seluruh elemen negara.

"Karena Ini kejahatan teror, terstruktur tidak bisa kita hadapi sendiri, harus bersama sama. Kepala BNPT menerapkan strategi yang dinamakan Pentahelix yang melibatkan multipihak baik pemerintah, akademisi, dunia usaha, media dan masyarakat," ujar Bangbang Surono.

Baca juga : Perempuan Semakin Dilibatkan Dalam Pencegahan Terorisme

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutannya pada kegiatan Rapat Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian Renaksi 7 K/L Dalam Program Penanggulangan Terorisme di gedung Kemenko Marves, Rabu (1/3).

Bangbang juga menyampaikan jika BNPT telah melibatkan aparatur pemerintah di Indonesia, khususnya dari 46 K/L yang tergabung dalam kegiatan sinergisitas antar K/L.

Ia menjelaskan nantinya kerjasama yang dibangun antara BNPT RI dengan Kemenko Marves untuk mensukseskan program-program pencegahan dari hulu hingga ke hilir.

Baca juga : BNPT Dan Tim Sinergitas K/L Akan Garap 298 Rencana Aksi Penanggulangan Terorisme Tahun 2023

Dalam kesempatan itu, Sestama BNPT juga mengingatkan pentingnya meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi dan menyikapi penyebaran ideologi radikal terorisme.

"Terorisme adalah kejahatan terstruktur, hati-hati. Oleh karena itu kita harus waspada, dia bukan kejahatan biasa. Ini merupakan kejahatan yang extraordinary crime, jadi ini sudah kejahatan paling tertinggi dan pasti terorganisasi. Kita harus melawannya dengan cara-cara yang luar biasa, salah satunya adalah kegiatan kita hari ini bagaimana menghadapi secara bersama sama,” tegas Bambang.

Sebagai informasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengoordinasikan 7 Kementerian. Ketujuhnya adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca juga : PKTD Diklaim Berhasil Urai Kemiskinan Dan Pengangguran

Lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Instansi lain yang dianggap perlu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.