Dark/Light Mode

Genjot Kewirausahan, Kemenkop UKM Dukung Penyandang Disabilitas Berkoperasi

Jumat, 16 Desember 2022 17:14 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mendorong para penyadang disabilitas yang tergabung dalam Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) untuk membentuk koperasi, dalam rangka mengembangkan kewirausahaan di kalangan para penyandang disabilitas.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah mengungkapkan, dalam hal ini Kemenkop UKM akan memfasilitasi dalam sisi pemberian akta pendirian Koperasi Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) yang beranggotakan 29 orang, setelah sebelumnya PTI berdiri hanya sebagai organisasi.

Baca juga : Daewoong Pharmaceutical dan KOFICE Bantu Penyandang Disabilitas Indonesia

“Memang kita dorong mereka untuk berkoperasi. Karena dengan koperasi, mereka mampu mengembangkan semua kemampuan dari para anggota penyandang disabilitas dalam usahanya,” jelas Azizah alam konferensi pers Pre-Event Karya Tanpa Batas 2022 di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (16/12).

Tak hanya itu, Kemenkop UKM juga terus melakukan pendampingan, memfasilitasi lembaga inkubator, serta menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Baca juga : IFG Usung Power to Inclusion Di Hari Disabilitas Internasional

“Inkubator bisnis ini untuk mengembangkan para wirausaha disabilitas menjadi yang pelaku usaha yang tangguh, inovatif dan berkelanjutan,” tegasnya.

Sesuai dengan amanat Perpres 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Kemenkop UKM berkomitmen menyiapkan ekosistem terintegrasi bagi wirausaha sosial khususnya wirausaha disabilitas.

Baca juga : Lestari Ajak Kolaborasi Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

Terciptanya public private partnership melalui Perempuan Tangguh Mandiri Indonesia sebagai lembaga incubator bisnis wirausaha disabilitas yang didukung oleh 55 perusahaan swasta sebagai awal pemberdayaan penyandang disabilitas menuju kemandirian ekonomi.

Selain itu, Kemenkop UKM sedang mengawal proses legalisasi Badan Usaha berbadan hukum sebagai konsolidator wirausaha disabilitas melalui Koperasi Pemasaran Tangguh Berdikari Indonesia sebuah koperasi primer sebagai support system kepada para wirausaha penyandang disabilitas dan keluarganya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.