Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Pesta Demokrasi 2024

Kepala BNPT: Kita Jadi Pelaksana Aktivitas Demokrasi Yang Jauh Dari Kekerasan

Kamis, 2 Maret 2023 20:21 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dalam sejarah kontestasi politik di Tanah Air. Hal tersebut tidak jarang menciptakan kutub-kutub di masyarakat, yang kerap dimanfaatkan kelompok teror untuk menginfiltrasi masyarakat dengan ideologi transnasional.

Dengan adanya fenomena tersebut, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengajak, seluruh masyarakat untuk menjaga perdamaian jelang Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

“Mengajak kepada semua pihak untuk menjadi pelaksana aktivitas demokrasi yang jauh dari aksi-aksi kekerasan, aksi-aksi yang bisa memecah belah bangsa, ujaran kebencian yang bisa merugikan kita,” kata Boy.

Baca juga : Kepala BNPT: Generasi Penerus Harus Miliki Karakter Cinta Tanah Air

Hal ini disampaikannya dalam Dialog Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Radikal Terorisme Menjelang Pemilu 2024, yang diadakan Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, di Palembang pada Kamis (2/3).

Boy Rafli mengingatkan, perkembangan teknologi mempermudah kelompok teror dalam melakukan provokasi dan propaganda.

Dalam menghadapi fenomena tersebut, Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Ridwan mengatakan, perlunya mengedukasi dan memberikan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat.

Baca juga : Indonesia Jadi Titik Terang Dalam Gelap

"Mengedukasi dan mendampingi agar ada ketenangan dalam menghadapi Pemilu 2024," tutur Ridwan.

Dia menilai, perlu sebuah keseriusan dalam membangun kolaborasi dengan berbagai pihak agar edukasi tersebut dapat terjangkau hingga ke pelosok negeri.

Sementara itu, Ketua Pembina Adat Sumatera Selatan Albar Sentosa Subari mengatakan, pemahaman dan pengamalan Pancasila harus terjadi di seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga : Pemuda Mahasiswa Nusantara Jatim Gelar Ngobrol Asyik Demokrasi

“Dengan bersungguh-sungguh seluruh elemen masyarakat untuk mengaplikasikan lima nilai Pancasila dalam berbangsa dan bernegara, atau sederhananya  membumikan Pancasila,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.