Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Prabowo Instruksikan Kadernya Tenangkan Papua dan Papua Barat

Rabu, 21 Agustus 2019 09:37 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bereaksi atas permasalahan yang terjadi di Kota Manokwari, Papua Barat

Prabowo meminta para kader di DPR untuk melakukan konsolidasi dalam rangka menenangkan situasi. Hal itu diungkapkan Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak kepada wartawan di Jakarta, kemarin. 

“Pada rapat konsolidasi malam ini bersama seluruh anggota Fraksi Gerindra DPR Pak Prabowo menyampaikan perintah agar semua anggota DPR Gerindra tetap mengedepankan dialog, menenangkan dan mendamaikan semua pihak terkait dengan peristiwa di Papua Barat,” ujarnya. 

Baca juga : Pimpin Upacara HUT RI Di Blok Rokan, Archandra: Teruskan Perjuangan Para Pahlawan

Selain itu, Prabowo juga mengingatkan bahwa praktek rasisme tidak boleh ada di bumi Indonesia. Dia meminta kepada jajaran aparat penegak hukum menindak bentuk pelanggaran yang terjadi tanpa pandang bulu. 

“Melawan sikap rasialisme dan menghadirkan keadilan hukum untuk semua, dengan tetap mengedepankan kesatuan dan persatuan serta nasionalisme,” ujarnya. 

Salah satu kader Gerindra yang hadir pada rapat konsolidasi itu adalah Fadli Zon. Wakil Ketua DPR itu juga meminta ada penindakan atas kejadian yang bermula di Surabaya. 

Baca juga : Pemerintah Beri Penghargaan Pada Teladan Wana Lestari 2019

“Yang perlu investigasi terhadap dugaan-dugaan, soal pelecehan terhadap bendera merah putih kita, atau juga melakukan ucapan yang rasis ya. Ini agar semuanya jelas, tangkap antor intelektualnya,” ujar Fadli di gedung DPR, kemarin. 

Aksi yang berujung ricuh di Papua Barat, menurut Fadli, juga tak boleh lepas dari pantauan aparat. Menurutnya, aksi yang tidak dibenarkan oleh aturan hukum harus ditindak tegas dengan proses yang seadil-adilnya. 

“Pengusutan terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab, penegak hukum harus bergerak untuk menyelesaikan masalah ini sehingga ada keadilan,” ucap Fadli. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.