Dark/Light Mode

Situasi Kamtibmas di Papua Kini Aman dan Kondusif

Kamis, 22 Agustus 2019 15:27 WIB
Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Rodja (Foto: Istimewa)
Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Rodja (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja mengatakan, situasi kamtibmas di sejumlah kota di Papua kini aman dan kondusif, pasca aksi demo yang berujung rusuh di wilayah tersebut.

"Secara keseluruhan, situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua aman dan kondusif," kata Irjen Pol Rudolf Rodja seusai melakukan pertemuan tertutup dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dilaksanakan di aula Cenderawasih Mapolda Papua, seperti dilansir Antara, Kamis (22/8).

Baca juga : Atasi Kekeringan, Kementan Beri Bantuan Pompa Air ke Petani Batanghari

Rudolf Rodja mengatakan, sejak Senin (19/8) unjuk rasa damai berlangsung di sejumlah kota di Papua yang diawali di Jayapura, dan disusul daerah lainnya yaitu di Nabire, Serui, Biak dan Merauke yang dilaksanakan Selasa (20/8).

Kemudian, pada Rabu (21/8), unjuk rasa dilaksanakan di Timika yang sempat terjadi perusakan. Kamis (22/8), aksi serupa terjadi di Nabire dan Dekai.

Baca juga : Festival Indonesia di Rusia Efektif Genjot Perdagangan dan Investasi

“Mudah-mudahan, unjuk rasa yang dilaksanakan di kota-kota di Papua berlangsung aman dan kondusif. Hingga kini, belum ada rencana penambahan personil, karena personil yang ada sudah dirasa cukup,” kata Rudolf Rodja.

Dia mengaku terus memantau unjukrasa yang terjadi di sejumlah kota di Papua termasuk saat aksi yang terjadi di Jayapura, Senin (19/8) karena saat itu sedang melaksanakan kunjungan kerja ke Mappi.

Baca juga : Mitigasi Kemarau, Kementan Optimis Target Produksi Pangan 2019 Terpenuhi

“Saya hanya perintahkan anggota agar memantau pelaksanaan unjuk rasa dan mendampingi mereka yang berjalan kaki menuju Kantor Gubernur. Kami bersyukur, semua berjalan aman,” kata Rudolf Rodja. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.