Dark/Light Mode

Elektabilitas Tinggi, Bukan Tidak Mungkin Erick Thohir Diusung PDIP

Rabu, 15 Februari 2023 17:40 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai memiliki potensi untuk diusung sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Bukan hanya menjadi cawapres, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini juga diprediksi akan berpasangan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Ganjar dan Erick diprediksi dapat mendulang suara yang besar sehingga berpotensi besar memenangkan pilpres,” kata Jurnalis Senior News Research Center (NRC) Metro Tv Saikhu Bahowi dalam keterangannya, Rabu (15/2).

Menurutnya, ada tiga faktor yang membuat menteri terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut potensial untuk disandingkan dengan Ganjar dan diusung oleh PDIP pada pilpres 2024 mendatang.

Baca juga : Sukses Genjot Aset BUMN, Erick Thohir Dipuji Bos Banggar DPR

Pertama, duet Ganjar-Erick lebih potensial dibandingkan dengan kader internal PDIP lainnya secara elektabilitas. Dari hasil berbagai lembaga survei, Ganjar-Erick terbukti lebih unggul.

Seperti berdasarkan hasil survei Algoritma yang menyebutkan pasangan Ganjar-Erick memiliki elektabilitas sebesar 34,5 persen.

Sedangkan dari lembaga INES Ganjar- dengan pasangan lainnya hanya menghasilkan elektabilitas 21,6 persen.

Sementara itu, berdasarkan hasil lembaga Indo Riset mengungkapkan Ganjar-Erick memiliki elektabilitas sebesar 37,5 persen.

Baca juga : PDIP Buka Peluang Usung Heru Di Pilkada DKI 2024

Di lembaga survei Median duet antara Ganjar-dan lainnya hanya memiliki elektabilitas 16,5 persen.

"Dari survei beberapa lembaga yang saya sebutkan tadi memang kelihatan pasangan Ganjar-Erick lebih mengungguli dibandingkan dengan pasangan Ganjar-Puan," terang Saikhu.

Kedua, Ganjar-Erick membuka ruang koalisi PDIP bersama parpol lainnya di pilpres. Mengingat tidak ada parpol yang mampu memenangkan pilpres dengan hanya mengandalkan akder internal selama sejarah demokrasi Indonesia.

"Sejarah membuktikan tidak success story di pilpres yang hanya mengusung kader internal. Ganjar-Puan adalah kader internal PDIP pasangan Ganjar-Erick bisa membuat PDIP untuk berkoalisi dengan partai lain," bebernya. 

Baca juga : Airlangga Lakukan Groundbreaking Smelter Nikel Di Morowali

Terakhir, PDIP membutuhkan kekuatan logistik yang dimiliki oleh Erick untuk mengarungi pemilu 2024. Saikhu mengatakan baik pilpres dan pileg membutuhkan logistik yang tidak sedikit untuk menggerakkan mesin pemenangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.