Dark/Light Mode

Sedekah Sampah, Masjid Raya Bintaro Kumpulkan 17,5 Ton Sampah

Minggu, 9 April 2023 14:53 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Ia menambahkan, menahan lapar dan haus selama bulan Ramadhan tak menjamin mampu mengurangi sampah. Terbukti, sampah justru meningkat sekitar 20 persen.

Itulah kenapa, KLHK juga mendorong agar momentum ini digunakan untuk menggaungkan Ramadhan minim sampah.

Baca juga : Awal Pekan, Rupiah Masih Kurang Tenaga

Penasihat Senior Tata Kelola Iklim UNDP Abdul Wahib Situmorang menyebut, pengurangan sampah tak mungkin bisa berjalan hanya dengan menggantungkan pemerintah.

“Tapi harus kita semua, elemen masyarakat secara gotong royong. Karena mayoritas Indonesia beragama Islam maka ini menjadi motor utama kita,” tegas Abdul.

Baca juga : Resmikan Masjid Di Bakauheni, BSI Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Pada kesempatan yang sama, Direktur Penanganan Sampah Ditjen PSLB3 KLHK Novrizal Tahar menyebut, gerakan sedekah sampah merupakan gerakan ekonomi inklusif.

“Jadi jika kita bisa masifkan ini di seluruh Indonesia. Kita juga bisa mendorong rumah ibadah untuk menjadi pusat peradaban. Kita dorong terus gerakan ini. Sampah bukanlah masalah, sampah adalah jariyah,” kata Novrizal.

Baca juga : KPK Sita 15 Senjata

Dalam acara ini, para tamu undangan juga membawa sampah anorganik yang sudah bersih dan terpilah dari rumah masing masing untuk disedekahkan. Peserta yang membawa sampah mendapatkan voucher pembelian makanan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.