Dark/Light Mode

Berikan Kuliah Umum di PLA NDU China, Rektor Unhan Bicara Keamanan Maritim

Rabu, 12 April 2023 14:41 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya TNI Prof Amarulla Octavian memberikan kuliah umum kepada guru besar di People Liberation Army National Defence University (PLA NDU) di China.

Hal ini dilakukan Octavian saat melakukan kunjungan kerja ke PLA NDU, sekaligus memberikan kuliah umum pada Selasa (11/4) di Beijing, China.

Octavian memberikan wejangan tentang kerja sama maritim untuk menghadapi kejahatan terorganisasi transnasional (transnational organized crimes) dan ancaman keamanan lingkungan.

Baca juga : Erick Pastikan, Pemudik di Pelabuhan Merak Dapat Layanan Terbaik

Kedatangan Rektor Unhan disambut secara resmi oleh President PLA NDU Letjen Tianliang beserta segenap staf pimpinan tinggi.

Kunjungan kali ini juga dimanfaatkan Octavian untuk menyusun berbagai program kerja sama berdasarkan nota kesepakatan (MoU) yang sudah ditandatangani sebelumnya.

Program kerja sama pertukaran dosen dan penelitian bersama antara dosen kedua universitas ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas akademik.

Baca juga : BUMN Ikut Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Octavian memberikan kuliah umum di hadapan para guru besar, dosen, dan staf kependidikan. Setelah itu, dilanjutkan dengan diskusi pendalaman.

"Kerja sama keamanan maritim menjadi kepentingan bersama dengan berbagai keuntungan dan manfaatnya. Tidak saja untuk kedua negara, tetapi juga untuk negara-negara lain di kawasan," kata Octavian dalam keterangan resminya, Rabu (12/4). 

Selain itu, delegasi Unhan juga diberikan kesempatan untuk meninjau berbagai fasilitas pendidikan. Misalnya, seperti perpustakaan, museum sejarah, auditorium, dan ruang-ruang kelas.

Baca juga : Busana Muslim Zaskia Mecca hingga Ria Miranda Kebanjiran Pesanan di Tokopedia

"Studi banding juga dilakukan untuk berdiskusi berbagai metodologi dan teknologi pendidikan tinggi guna menunjang pendidikan militer yang profesional," jelas Octavian. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.