Dark/Light Mode

Dukung Jokowi Tanpa Syarat, Zulhas Tak Bisa Dinego

Selasa, 30 Juli 2019 06:59 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tekad Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk merapat ke Jokowi sudah bulat. Tak bisa dinego lagi. Zul menegaskan, dukungan ke Jokowi itu tanpa syarat. 

Dia pun rela partainya tak mendapat kursi menteri. Ketua MPR ini mengatakan, PAN mendukung pemerintah Jokowi jika yang dilakukannya baik untuk rakyat. 

“Kami mendoa kan agar pemerintahan Jokowi-Ma’ruf sukses, tidak ada syarat-syarat dan tidak minta-minta jabatan. Tidak ada! Catat, PAN tidak pernah minta-minta,” tegas Zul di Kompleks Parlemen, DPR, Senayan, kemarin. 

Zul mengingatkan, hajatan Pilpres 2019 telah usai. Kini, masyarakat hangan karena berbeda dukungan lantas malah bermusuhan. “Jadi mari bersatu kembali kita jahit merah putih, nah kita dukung, doakan Pak Jokowi biar sukses, udah titik,” imbaunya. 

Baca juga : Zulkifli Beda dengan Amien

Pasca Pilpres, kata Zul, setiap partai politik membutuhkan kerja sama dengan partai politik lain. Misalnya, ketika membahas undang-undang. Kerja sama tidak hanya pada tingkatan pusat, namun juga tingkat provinsi, maupun kabupaten/ kota. Misalnya, ketika mengusung kepala daerah. “Enggak mungkin parpol sendiri karena kita ini multipartai,” kata eks Men teri Kehutanan ini. 

Menurut dia, PAN dalam waktu dekat akan menggelar Rakernas untuk menentukan sikap resmi politik. Acara tersebut akan digelar usai besan Amien Rais ini pulang menunaikan ibadah haji. Soal dukungan tanpa syarat ini, bukan kali ini saja diucapkan Zul. 

Pada Senin (22/7) lalu, pria kelahiran Lampung ini juga menyatakan hal serupa. “Kami dukung Pak Jokowi dan kami doa kan supaya sukses. Indonesia lebih baik dan itu cita-cita kita semua,” ujarnya. 

Dia mengingatkan, rakyat memberikan kedaulatan kepada Presiden dan Wapres terpilih, Jokowi dan Ma’ruf dalam Pilpres lalu. “Siapa yang ber daulat sekarang? Pak Jokowi seba gai kepala pemerintahan dan kepala ne gara,” tegasnya. 

Baca juga : Soal Rizieq dan Kivlan, Wiranto Tak Bisa Dinego

Soal posisi menteri, Zul menyatakan sepenuhnya merupakan hak pre rogatif Presiden Jokowi. PAN me nya takan mendukung penuh peme rinta ha n Jokowi tanpa syarat. “Oleh karena itu, kita nggak pakai syarat-syarat. Kita men dukung agar Pak Jokowi sukses me mim pin Indonesia,” tutupnya. 

Pernyataan Zul itu dilontarkan dua hari setelah Amien meminta pembagian kekuasaan 55:45 sebagai syarat re konsiliasi. Porsi 55:45 itu me ngacu pada perolehan hasil suara pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga. Sikap Zul ini ditanggapi beragam oleh anak buahnya. 

Waketum PAN Bara Hasibuan mengatakan, PAN tu lus ingin kembali membantu Jokowi di periode kedua. “Kami betul-betul ingin bergabung untuk membantu pemerintahan Jokowi, kami tulus membantu menjawab berbagai tantangan yang Indonesia hadapi sekarang serta melaksanakan janji kampanye,” kata Bara. 

Bara menyebut, saat ini arah politik PAN memang cenderung ingin bergabung dengan pemerintahan Jokowi. Menurutnya, pernyataan Zulkifli cukup jelas menggambarkan niat PAN, meskipun saat ini belum diputuskan secara resmi. 

Baca juga : Jokowi Happy Pelaku Usaha Binaan BI Sudah Go Digital

“Memang arahnya ke sana dan saya rasa statement Pak Zul sudah clear. Pemerintahan ini bagus dan akan kita dukung tanpa syarat apa-apa, saya kira ini ada intensi PAN ke Jokowi,” ujar dia. 

Sementara, Ketua DPP PAN Ali Taher berharap, partainya mengambil sikap sebagai oposisi pemerintah. Oposisi memiliki peran penting bagi keberlangsungan pemerintahan yang demokratis. 

“Saya kok rasa-rasanya parpol oposisi kan juga berwibawa, tidak masukmasuk pemerintahan. Kalau saya pribadi marilah kita membangun demokrasi tak mesti melulu duduk di kekuasaan, opo sisi itu sangat juga penting bagi kita untuk melakukan koreksi terhadap jalannya pemerintahan,” kata Ali di gedung DPR, Jakarta, kemarin. 

Sikap konsisten Zul yang ingin merapat ke Jokowi dipuji netizen. “Pak Zulkifli tidak bisa dinego. Tetap konsisten dengan sikapnya: dukung pemerintah tanpa syarat,” cuit @AlsNugrahaa di Twitter. Pujian juga datang dari @ imelbox. “Nah kalau bener ini, artinya bagus sekali, tanpa harus mengemis tapi mendukung kini kinerja pemerintahan RI,” pujinya. [OKT]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :