Dark/Light Mode

BPSDMI Kemenperin Jajaki Kerja Sama Global Penyediaan SDM Industri 4.0

Senin, 24 April 2023 16:15 WIB
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Masrokhan (kiri) bertemu dengan Dubes RI untuk Prancis Mohamad Oemar. (Foto: Ist)
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Masrokhan (kiri) bertemu dengan Dubes RI untuk Prancis Mohamad Oemar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Masrokhan mengatakan, potensi kerja sama yang dapat diraih pada Hannover Messe sangat besar untuk mendukung proses transformasi teknologi 4.0. Terutama industri prioritas dengan hadirnya Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0).

Masrokhan menambahan, kerja sama yang dapat ditindaklanjuti meliputi: pengembangan sumber daya manusia industri terkait Industry 4.0 melalui penyelenggaraan program-program peningkatan kapasitas; Penyediaan mock-up/showcase lini mesin dan peralatan multimedia senilai hingga 700.000 euro untuk di tempatkan di area pusat pameran pada PIDI 4.0 beserta program transfer teknologinya.

Kemudian utilisasi mock-up lini mesin dan peralatan multimedia; pengembangan pendidikan, kurikulum pelatihan, dan program pelatihan serta penyelenggaraan program-program peningkatan kapasitas, termasuk kunjungan dan pertukaran materi pelajaran, tenaga ahli, modul pembelajaran, kurikulum, teknologi dan/atau personil teknis.

Baca juga : Jajaki Kerja Sama Pendanaan Investasi, PIS Temui Export Credit Agency Di Korea

Dalam kesempatan ini, setelah dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi, BPSDMI dan Petrokimia Gresik telah menghasilkan kesepahaman tindaklanjut implementasi Digital Learning System untuk menunjang program pengembangan SDM Industri di sektor Petrokimia.

Nuril Huda, Senior Vice President SDM Petrokimia Gresik menyampaikan, pembangunan Digital Learning System yang selama ini telah dibangun secara internal telah meningkatkan tingkat efektifitas pengembangan kompetensi pegawai dan non pegawai di lingkungan Petrokimia Gresik.

“Dengan sistem ini, diharapkan dapat memangkas waktu admininstrasi dan percepatan dalam penguasaan materi pembelajaran di Petrokimia Gresik,” tambah Nuril.

Baca juga : BP2MI Ajak Kepala Daerah Teken MoU Perlindungan PMI

Nuril menegaskan, kerja sama dengan BPSDMI yang selama ini telah dilakukan dapat diperkuat dengan adanya sebuah sistem yang akan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi lulusan dan siswa unit pendidikan Kemenperin yang sebagian besar berbasis kimia untuk adapat memanfaatkan sistem ini untuk pembelajaran maupun peningkatan kapasitas.

Dalam sela sela kunjungan di Hannover Messe, Masrokhan juga bertemu dengan Duta Besar RI untuk ​Prancis, Mohamad Oemar di Paris terkait kerja sama global pengembangan program pengembangan SDM Industri. 

“Kami siap memfasilitasi rintisan kerja sama pengembangan SDM Industri global dengan BPSDMI melalui kegiatan yang salah satunya program vokasi,” tekan Oemar. 

Baca juga : Kementerian ESDM Pastikan Tak Ada Kebocoran Dokumen Penyelidikan Korupsi Tukin

Ini merupakan potensi kerja sama dalam meningkatkan investasi Prancis di Indonesia dengan penyediaan SDM Industri bagi perusahaan Perancis yang ada Indonesia maupun kerjasama peningkatan kapasitas SDM Industri melalui program magang siswa dan tenaga pengajar di Prancis.

Masrokhan mengatakan, BPSDMI melalui unit pendidikan dan pelatihan vokasi yang berspesialisasi terkait sektor industri, siap untuk berkerjasama secara global dalam menyediakan SDM Industri bagi perusahaan Perancis di bidang otomotif, makanan dan minuman, pengolahan kulit, dan kimia.

“Unit pendidikan dan pelatihan vokasi Kemenperin memang dipersiapkan untuk menghasilkan SDM Industri yang kompeten dan siap kerja. Dan sekarang sudah mampu menjawab tantangan kebutuhan terkait keterampilan Industri 4.0,” tutup Masrokhan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.