Dark/Light Mode

Moeldoko: Jokowi Segera Bertemu Tokoh Papua

Sabtu, 31 Agustus 2019 13:43 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko (Foto: Istimewa)
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi akan segera bertemu dengan para tokoh Papua, untuk menyelesaikan masalah konflik yang terjadi di wilayah tersebut saat ini.

Demikian dikatakan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Baca juga : Situasi Mulai Normal, Jokowi Siap Undang Tokoh Papua ke Istana

"Karena Pak Jokowi sangat dekat dengan teman-teman tokoh pemuda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Papua. Jadi pasti akan bertemu," katanya di Tanjung Pandan, Belitung, seperti dikutip Antara, Sabtu (31/8).

Moeldoko menegaskan, kondisi Papua dipastikan berangsur membaik setelah Panglima TNI dan juga Kapolri melakukan berbagai langkah taktis dalam menangani persoalan yang terjadi di sana.

Baca juga : Mata, Hati dan Pikiran Jokowi Selalu ke Papua

Moeldoko mengimbau semua pihak, agar tidak terpancing emosi dan tetap menyikapi kejadian tersebut dengan kepala dingin. Menurutnya, sikap emosional bisa memicu munculnya persoalan baru. Sehingga, hanya akan menguntungkan para aktor di balik kerusuhan yang terjadi sekarang.

"Persoalan baru tersebut bisa muncul dari penanganan yang tergesa-gesa dan egois. Para aktor-aktor di balik kejadian ini mengharapkan kondisi seperti itu. Jadi  kita tidak boleh terpancing," katanya.

Baca juga : Moeldoko Ke Rizieq Cs : Negara Ini Bukan Negara Ijtimak

Moeldoko menambahkan, memang ada keinginan dari sebagian masyarakat, agar pemerintah melakukan tindakan yang lebih tegas lagi atas peristiwa tersebut. Namun, sekali lagi, Moeldoko mengharapkan semuanya tidak terpancing emosi. Sehingga, tidak memunculkan persoalan baru yang lebih besar  dan hanya akan menghabiskan energi saja.

"Bagi TNI/Polri, melakukan tindakan tegas tidak terlalu sulit. Tetapi yang cukup sulit adalah mengendalikan emosi, agar semuanya tertata dengan baik," tandas Moeldoko. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.