Dark/Light Mode

Situasi Mulai Normal, Jokowi Siap Undang Tokoh Papua ke Istana

Kamis, 22 Agustus 2019 19:33 WIB
Presiden Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8). (Foto: Humas Setkab)
Presiden Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8). (Foto: Humas Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengucap syukur karena situasi di Papua sudah mulai berjalan normal kembali. “Alhamdulillah, situasi sudah berjalan normal kembali. Permintaan maaf sudah dilakukan. Ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati, untuk saling menghargai sebagai saudara sebangsa dan setanah air,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8) petang.

Sebelumnya, Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Menko Polhukam Ryamizard Ryacudu juga sudah menyampaikan bahwa situasi di Papua sudah berjalan normal kembali.

Baca juga : Situasi Kamtibmas di Papua Kini Aman dan Kondusif

Terkait pemblokiran internet di Papua, Jokowi menegaskan, bahwa semuanya untuk kepentingan, kebaikan semua pihak.

Jokowi juga mengaku telah memerintahkan kepada Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis yang rasis secara tegas.

Baca juga : Mata, Hati dan Pikiran Jokowi Selalu ke Papua

Undang Tokoh Papua

Dalam kesempatan itu, Jokowi yang didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga menyampaikan rencananya untuk mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat ke Istana, pekan depan. Baik tokoh adat, tokoh masyarakat, atau tokoh agama.

Baca juga : Kondisi Mulai Kondusif, Jokowi Berencana Resmikan Jembatan Holtekamp di Papua

"Ini tolong digaris bawahi. Minggu depan, saya juga akan mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk datang ke Istana,” kata Jokowi.

Pertemuan tersebut akan membahas masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.