Dark/Light Mode

BNPT: Minimalisir Dampak Aksi Teror, Perlu Kemampuan Mitigasi Aparatur Pemerintah

Kamis, 11 Mei 2023 17:08 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melihat kemampuan mitigasi aparatur pemerintah menjadi bagian penting dalam meminimalisasi potensi dampak yang muncul jika terjadi aksi teror.

"Mengingat aksi terorisme memiliki risiko yang tidak terhindarkan, maka mitigasi menjadi sebuah hal yang penting untuk diketahui dan dipelajari bersama," jelas Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT Brigjen Wawan Ridwan.

Baca juga : Prof Ryaas Rasyid: MIPI Harus Gelorakan Penerapan Etika Pemerintahan

Hal ini disampaikan dalam kegiatan pelatihan mitigasi aksi terorisme integrative aparatur pemerintah (Polri, TNI serta Kerja Perangkat Daerah/Institusi lainnya) yang berlangsung 8-10 Mei 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.

Menurutnya, untuk meminimalisasi dampak yang muncul maka diperlukan peningkatan kesiapsiagaan elemen masyarakat.

Baca juga : Relawan Ganjar Siap Berdayakan Perempuan Jaktim Dengan Muslimah Creative Center

Senada dengan Wawan, Iptu Marsan Saptu dari Densus 88 AT Sumatera Selatan menyampaikan, keterampilan mitigasi penting dimiliki seluruh elemen masyarakat karena aksi terorisme saat ini memiliki banyak karakteristik baru.

"Terorisme gaya baru ini memiliki banyak karakteristik, seperti adanya maksimalisasi korban, menginginkan liputan global atau terorisme media, tidak pernah ada yang membuat claim atas serangan yang dibuat, serta serangan yang tidak terduga," jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.